Kapolsek Cepiring Pimpin Pengamanan Haul Pahlawan Nasional KH Ahmad Rifai -->

Header Menu


Kapolsek Cepiring Pimpin Pengamanan Haul Pahlawan Nasional KH Ahmad Rifai

Sunday, October 31, 2021


KENDAL,MATALENSANEWS.com - Polsek Cepiring melaksanakan kegiatan pengamanan peringatan Haul Akbar Pahlawan Nasional KH Ahmad Rifai, bertempat di Pondok Pesantren Al-Fatih Damarsari, Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal, Minggu (31/10/2021).


Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kendal H Windu Suko Basuki, S.H bersama dengan Forkopimda Kabupaten Kendal.


Wakil Bupati Kendal H Windu Suko Basuki menyampaikan sambutan Bupati Kendal, "Merupakan sebuah kebahagian karena mendapat kesempatan bersilaturahim bersama sesepuh pinisepuh, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, terlebih dalam suasana yang agamis, penuh dengan kekeluargaan dan kebersamaan, dengan harapan dapat lebih menjalin silaturahim diantara kita bersama.


"Kegiatan haul seperti ini, merupakan tradisi untuk terus kita lestarikan, sebagai penghargaan kepada para tokoh agama atau alim ulama yang telah meninggal dunia seperti KH. Ahmad Rifa’i sebagai Pahlawan Nasional Asli Kendal, dimana semasa hidupnya beliau telah berjuang guna syiar agama Islam, sehingga tentunya kita patut mendoakan agar arwahnya diterima disisi Allah SWT," tutur Wakil Bupati Kendal.


Sebagaimana kita ketahui, bahwa di bumi Kendal tercinta ini, terlahir seorang yang gigih dalam melawan penjajahan Belanda, yaitu bernama KH. Ahmad Rifa’i. Dalam dakwahnya beliau tidak hanya menyampaikan masalah-masalah agama, tetapi juga sosial kemasyarakatan. Atas jasa-jasa dan pengorbanannya, pada tahun 2004, pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada KH. Ahmad Rifa'i. Hal ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuangannya.


"Sebagai warga Kendal harus mengetahui perjuangan Kyai Rifa’i sebagai Pahlawan Nasional Asal Kendal. 


Untuk itu, marilah kita kenali para pendahulu bangsa dan harus mencontoh para pahlawan kita, dengan memberikan penghormatan dan penghargaan bagi para pejuang kita. Dan mari lanjutkan perjuangan pahlawan-pahlawan kita dengan menjadikan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera, serta jadilah pahlawan untuk keluarga dan orang-orang di sekeliling kita," ujar Wabup Kendal.


Wabup Basuki pada kesempatan ini, juga mengucapkan selamat dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan musyawarah daerah Rifa’iyah ini, karena selain lebih mempererat hubungan silaturahmi dan kerjasama antara pengurus, serta dapat melakukan berbagai rumusan untuk melahirkan rencana, keputusan dan gagasan baru dalam program kerja kepengurusan kedepan. 


Mudah-mudahan kepengurusan yang baru dapat mencapai keberhasilan yang lebih baik lagi.



Kapolsek Cepiring IPTU Agung Nugroho, mengatakan, "Pelaksanaan pengamanan jalannya kegiatan Haul ini sebagai bukti bahwa Kepolisian, khususnya Polsek Cepiring yang selalu mendukung setiap kegiatan keagamaan di wilayah hukum Polsek Cepiring.


"Kami akan selalu hadir memberikan pelayanan prima ditengah-tengah kegiatan yang dilaksanakan masyarakat, terutama kegiatan keagaman seperti ini,” kata IPTU Agung Nugroho.


Dengan demikian menurut Kapolsek, diharapkan semakin kuatnya hubungan sinergitas antar Polri dan masyarakat, tentu akan membuat Kepolisian semakin solid dalam menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas dari gangguan Kamtibmas seperti paham radikalisme, terorisme dan ormas aliran keras yang dapat mengancam keutuhan NKRI," pungkasnya.


Kegiatan berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes), seluruh panitia dan undangan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (TRI)