Sukoharjo Go Green, Bupati Bersama Muspida Tanam 1000 Pohon -->

Header Menu


Sukoharjo Go Green, Bupati Bersama Muspida Tanam 1000 Pohon

Friday, October 15, 2021


SUKOHARJO,MATALENSANEWS.com- Kampanyekan Sukoharjo Go Green Bupati, Dandim dan Kapolres Sukoharjo melaksanakan penanaman pohon. Penanaman 1000 pohon secara simbolis dilakukan di obyek wisata Batu Seribu di Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jumat (15/10/2021). Selain Muspida penanaman pohon juga di ikuti oleh anggota Saka Bhayangkara dan anggota karang taruna.


Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho S mengatakan, bahwa hari ini kita melaksanakan penanaman 1000 pohon yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Sukoharjo. Program penanaman 1000 pohon ini merupakan langkah penghijauan untuk menjaga ekosistem kita supaya tetap terjaga dari dampak kemajuan yang ada saat ini.


“Selain untuk penghijauan penanaman pohon di Kecamatan Bulu ini juga sebagai langkah antisipasi kera liar. Diharapkan pohon buah yang kita tanam ini nantinya menjadi sumber makanan kera sehingga kera tidak masuk ke pemukiman penduduk,” katanya.



Lanjutnya, kera-kera liar di Kecamatan Bulu menjadi ancaman. Karena di musim kering seperti ini kerap sekali kera masuk ke wilayah penduduk untuk mencari makanan. Sehingga dengan penanaman pohon buah ini ke depan dapat menanggulangi masuknya kera liar ke pemukiman penduduk.


“Hari ini kita menanam pohon jenis keras di tempat ini yang dapat berbuah sehingga nanti bisa menjadi sumber makanan untuk kera,” ungkap Kapolres.


Dengan kegiatan penanaman pohon ini Kapolres berharap dapat diikuti oleh semua pihak. Karena menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab kita bersama. 


Bupati Sukoharjo Etik Suryani menjelaskan, pohon mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan. Selain sebagai salah satu sumber kehidupan pohon juga berfungsi mencegah banjir dan longsor.


“Untuk itu sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada bapak Kapolres mudah-mudahan kegiatan ini menjadi pilot project untuk investasi yang lainnya. Dan saya berharap kepada pak Kepala Desa mohon nanti kita tindak lanjuti mungkin di wilayahnya masing-masing untuk penghijauan,” jelas Bupati.


Vio Sari/hms