Sukses Bantu Program BPJS, Dewi Aryani Terima Penghargaan -->

Header Menu


Sukses Bantu Program BPJS, Dewi Aryani Terima Penghargaan

Friday, October 15, 2021


TEGAL,MATALENSANEWS.com - Dr. Dewi Aryani, M.Si Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan menerima penghargaan dari BPJS Cabang Tegal atas dedikasinya membantu kesuksesan program BPJS Kesehatan.


Penghargaan tersebut di berikan langsung oleh Kepala BPJS Cabang Tegal Yusef Eka Darmawan pada acara Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Desa Mangunsaren, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Kamis (14/10/2021).


Menurutnya, Dewi Aryani layak diberikan penghargaan karena sangat membantu kesuksesan program BPJS Kesehatan, terutama dalam mendedikasikan waktu, tenaga, pikiran dan kegigihannya," ujar Yusef.


Atas penghargaan yang di terimanya, Politikus PDI Perjuangan yang menjabat 3 kali periode ini mengaku kaget karena ini pertama kali DPR RI di beri penghargaan dan ini surprise tanpa rencana," ungkap DeAr sapaan akrab Dewi Aryani.


DeAr menjelaskan dalam membantu sosialisai JKN-KIS selalu menggandeng berbagai pihak untuk masyarakat tidak mampu mendapatkan akses pelayanan kesehatan, di luar kegiatan kemitraan yang selama ini telah di laksanakan.


Dikatakan, tujuan kegiatan sosialisasi program JKN-KIS untuk meningkatkan pengetahuan terkait hak dan kewajiban menjadi peserta dan memberikan  persamaan persepsi terkait mekanisme untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL),” ujar DeAr.


"Berbagai langkah yang dilakukan BPJS Cabang Kesehatan Tegal agar program JKN-KIS dapat terus berjalan berkesinambungan diantaranya melalui perluasan cakupan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dan peningkatan kolektabilitas iuran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau lebih dikenal sebagai peserta mandiri.


Melalui sosialisasi ini, DeAr berharap masyarakat Desa Mangunsaren Kabupaten Tegal yang hadir dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat yang tidak sempat hadir tentang manfaat dan kegunaan program JKN-KIS atas apa yang sudah kami sampaikan sebelumnya terkait program ini,” harapnya.


DeAr mengatakan bahwa program BPJS Kesehatan menjadi harapan bagi masyarakat tidak mampu, karena pembiayaan menggunakan sistem subsidi silang. Uang jaminan dari orang yang mampu dan belum terpakai akan di gunakan oleh orang yang tidak mampu. Untuk itu, semua warga harus mengikuti BPJS Kesehatan. "Jika kita sakit, kita tidak bingung lagi memikirkan biaya rumah sakit, karena akan di tanggung," jelasnya.


Selain aktif turun langsung menyambangi masyarakat melakukan dialog dan sosialisalsi terkait program JKN-KIS, Anggota DPR RI ini juga intens melaksanakan program vaksinasi massal baik di Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Brebes. DeAr tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk vaksin sehingga tercapai herd immunity untuk menekan penyebaran virus Covid-19.(TRI)