Ketua DPD SWI Halsel Siap Kawal Kekerasan Terhadap Pers Hingga di Proses Hukum -->

Header Menu


Ketua DPD SWI Halsel Siap Kawal Kekerasan Terhadap Pers Hingga di Proses Hukum

Thursday, November 11, 2021


HALSEL,MATALENSANEWS.com - Kasus kekerasan seperti penganiayaan, ancaman dan intimidasi terhadap Insan Pers dalam menjalankan tugas jurnalis, sering terjadi di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara.


Hal tersebut diungkapkan oleh ketua Dewan Pimpinan Daerah Wartawan Indonesia (DPD-SWI) Halsel Ade Manaf, Kamis (11/11/2021).


Ade Manaf mengatakan, dalam kurung waktu tahun 2021 ini, sering terjadi tindak kekerasan terhadap insan pers di Halsel, seperti penganiayaan wartawan Syahril di Gane timur Halsel oleh oknum seorang kepala desa dan berakhir dengan proses hukum," katanya.


Lanjut Ade Manaf, kekerasan penganiayaan juga terjadi terhadap wartwan Sukandi di Kecamatan pulau Joronga Halsel oleh oknum bendahara desa, yang saat ini telah diserahkan berkas tersangka oleh Kejari Halsel kepada Pengadilan Negeri Labuha, Rabu (10/11/2021) untuk disidangkan.


Demikian pula sambung Ade Manaf, kemarin Rabu (10/11/2021) kembali terjadi kekerasan  terhadap wartawan Alif Budiman di Halsel dan sehari dua akan dipolisikan pelakunya," jelas ketua DPD-SWI Halsel Ade Manaf.


"Menurutnya, kekerasan dalam bentuk apapun terhadap wartawan saat meliput adalah perbuatan yang sangaja menghalang halangi tugas jurnalis dan hal tersebut diancam dengan pidana sesuai undang-undang Pers," ujar Ade 


Wartawan dalam menjalankan tugas jurnalis tidak takut kekersan dalam bentuk apa pun, karena wartawan dilindungi oleh negara, hukum dan undang-undang", tandas Ade Manaf yang juga sebagai wartawan Liputan Peristiwa.com Perwakilan Maluku Utara.


"Ade Manaf menegaskan, dalam hal kebebasan pers, DPD SWI Halsel yang merupakan salah satu organisasi Pers bertaraf nasional, akan tetap mengawal terjadinya kekerasan terhadap insan pers di Hslsel hingga sampai ke meja hijau," tegasnya. Pres release tim di Halsel melalui pesan via aplikasi Wasthapp pada Media ini, hari Rabu 11/11/2021.


(Jek/Redaksi)