Jelang Natal, Polres Sukoharjo Gelar Simulasi Pengamanan Gereja -->

Header Menu

 


Jelang Natal, Polres Sukoharjo Gelar Simulasi Pengamanan Gereja

Sunday, December 19, 2021


Sukoharjo,MATALENSANEWS.com - Kepolisian Resor Sukoharjo melaksanakan simulasi sterilisasi dan pengamanan gereja jelang Natal Tahun 2021. Simulasi dilaksanakan di Gereja Kristus Raja Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (18/12/2021).


Dalam simulasi tersebut selain dari Polres Sukoharjo, juga melibatkan Kodim 0726 Sukoharjo, Satpol PP, dan pengurus gereja.


Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada personel bagaimana nantinya saat kita melaksanakan pengamanan.


"Tentunya sebelum jemaah gereja melaksanakan misa, kita sudah melakukan sterilisasi, melakukan pengecekan di sekitar lokasi, baik di luar maupun di dalam gereja," ungkapnya.


Pada pelaksanaannya nanti, lanjut Kapolres, kita juga melaksanakan pengecekan terhadap protokol kesehatan. "Bagaimana jemaah nanti disiapkan untuk cuci tangan, pengecekan suhu, pengecekan aplikasi PeduliLindungi," jelasnya.


"Untuk di dalam ruangan gereja juga diatur tempat duduknya dengan diberi nomor, sehingga jaraknya bisa teratur," tambahnya.


Kapolres menambahkan dalam perayaan natal ini, jemaah gereja juga dibatasi sebanyak 50% dari kapasitas gereja. Sehingga jemaah yang tidak terdaftar dapat mengikuti di tempat lain ataupun di waktu yang lain.


"Harapannya selain untuk mengingatkan anggota standar operasional prosedur (SOP) pengamanan, juga untuk mengedukasi jemaah gereja saat perayaan natal," ungkap Kapolres.


"Semoga simulasi ini nantinya dapat memberikan kenyamanan dan menjamin Kamtibmas kepada jemaah yang menjalankan natal. Sehingga wilayah Kabupaten Sukoharjo tetap dalam keadaan aman, tertib dan kondusif," pungkas Kapolres.


Sementara itu, Romo Gereja Kristus Raja, Ignasius Suharyono, mengucapkan terima kasih kepada Polres Sukoharjo yang telah melaksanakan simulasi pengamanan gereja.


"Terima kasih kami ucapkan kepada Polres Sukoharjo dan Pemerintah Daerah, sehingga kami umat kristiani dapat menjalankan natal dan tahun baru di masa pandemi ini," ungkapnya.


Vio Sari/Humas