Nyala Api Unggun Tandai Semangat Dasa Dharma Pramuka di Kecamatan Taliabu Barat Laut -->

Header Menu

Nyala Api Unggun Tandai Semangat Dasa Dharma Pramuka di Kecamatan Taliabu Barat Laut

Monday, December 13, 2021


TALIABU,MATALENSANEWS.com- Gerakan Pramuka Kemah Akbar Se Kwartir Ranting Taliabu barat laut Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara 2021, dengan tema "Membentuk Pramuka yang berkarakter  Tri Satya dan Dasa Dharma" dan telah di laksanakan kegiatan meriakan Api Unggun.


Meriahkan Api Unggun tersebut bertempat di lapangan sepak bola desa Neggele Kecamatan Taliabu barat laut. Selasa 13 Desember 2021, sekira pukul 01.54.30 Wit. Malam dini hari.


Perhelatan Perkemahan Pramuka terdapat 9 Sekolah di Kecamatan Taliabu barat laut yakni SD Inpres I Nggele, SD Impres 2 Nggele, SDN Salati, Madrasah Ibtidaiyah, SMPN 1 Taliabu barat laut, MTSN Pulau Taliabu, SMAN 6 Pulau Taliabu, Madrasah Aliyah Negeri Pulau Taliabu dan SMK Teknologi.


Seremonial penutupan diawali dengan penyalaan api unggun oleh pembina pramuka. Tepat sekira pukul 01.54.30 Wit, malam. Api unggun yang berada pada di tengah - tengah  lapangan utama Bumi Perkemahan Desa Nggele Kecamatan Taliabu barat laut Kabupaten Pulau Taliabu. dinyalakan.


Menurut Ketua Panitia Erdianto Solodia acara, api unggun ini tersusun dari berbagai jenis kayu kering dengan ketinggian diperkirakan 5 meter. "Api unggun biasanya dinyalakan untuk penerangan di malam hari dan juga untuk mengusir binatang buas. Namun, secara simbolis juga digunakan untuk menyalakan semangat Dasa Dharma Pramuka.


Api unggun dinyalakan dengan cara memotong tali senar yang dibentangkan dari tengah tumpukan kayu yang sudah dinyalakan.," jelasnya. Selasa (13/12/2021). ( Jek)