Musdes Desa Kilong Sukses Di Gelar -->

Header Menu

Musdes Desa Kilong Sukses Di Gelar

Wednesday, January 26, 2022


BOBONG,MATALENSANEWS.com-MUSDES (Musyawarah Desa) dalam rangka pembahasan anggaran Dana Desa guna pembangunan Desa Kilong, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara sukses dilaksanakan di Aula gedung serba guna Desa Kilong pada Selasa,25/01/2022.


Musyawarah Desa  yang diselenggarakan oleh BPD dan difasilitas Pemerintah Desa Kilong ini. Diawali dengan laporan Ketua panitian dalam hal ini BPD selaku penyelenggara, kemudian dilajuktan sambutan kepala Desa sekaligus membuka  acara Musdes.


Acara berikutnya yaitu pembacaan pemateri dari  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD) oleh Ruslan Halibu


Ruslan  menyampaikan bahwa penggunaan anggara besaran Dana Desa akan di bagi  sebagai berikut sesui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 110/PMK.05/2021.


" Dana Desa akan diprioritaskan 40 persen untuk BLT Desa, 20 persen untuk ketahanan pangan, 8 persen untuk penanggulangan Covid-19, 5 persen untuk stating, sisa 27 persen untuk kegitan fisik, agar untuk menjadi dasar dalam menjalankan Dana Desa," ungkap Ruslan.


Kemudian pembahasan Dana Desa fisik 27 persennya, agar  diMusyawarahkan serta diprogramkan untuk pembanguan Desa.


Musyawarah pun  berlangsung dan menghasilakan mufakat bahwa Dana Desa untuk  pembagunan fisik akan di gunakan untuk Dusun  Air minggu, normalisasi, serta pengadaan bibit dan pupuk hama, sementara untuk Dusun Suriname pengadaan pipa normali sasi air bersih, serta penambahan jalan lintas Masyarakat.


Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Kerja sama Desa, perwakilam dari Tenaga Ahli KPMD ( Kader Pemberdayaan Masyrakat Desa), Camat Taliabu Barat, pendamping lokal Kacamatan, pendamping Desa, Bhabinsa, Bhabinkhatibmas, adapun peserta Musyrawarah mulai dari tokoh Masyarakat, tokok Pemuda, tokoh Agama, tokoh Perempuan,Ibu PKK, Ibu- ibu  Majlis, tokoh pendidik serta beberapa Masryakat Desa Kilong.


( Jek )