Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Jumat, 11 Februari 2022, 12:48:00 PM WIB
Last Updated 2022-02-11T05:48:32Z
BERITA TNINEWS

Babinsa Andong Dampingi Tracking Di Desa Mojo

Advertisement


Boyolali,MATALENSANEWS.com- Babinsa Mojo Koramil 15/Andong Kodim 0724/Boyolali Serka Jadi bersama Babinkamtibnas Polsek Andong melakukan pendampingan terhadap petugas tracing contact Covid-19 meliputi bidan Desa Mojo dan Puskesmas Andong Kabupaten Boyolali. Jumat ( 11/02/2022).


Kedatangan tim ini untuk melakukan tracking terhadap warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19, “Tentu dilacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu,”  Ucap Serka Jadi

Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus Covid-19.


Selama ini para bidan desa dan tim dari Puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif covid.


Akan tetapi titik kesulitannya, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen, oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali melibatkan TNI dan Polri dalam kegiatan tracing contact.


Serka Jadi juga menyampaikan dari aparat TNI – Polri bisa membantu bidan desa dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. Kemudian melakukan kegiatan tracing dari tim Puskesmas dengan pendampingan Babinsa.

Tidak semua warga mau menerima kenyataan yang telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan tak jarang yang menolak untuk dites swab atau rapid antigen.


Akan tetapi, berkat pendekatan tracing contact dari Babinsa bersama tim tracing dari Puskesmas Andong,  warga yang tercatat kontak erat mau melaksanakan rapid tes antigen.

“Kegiatan ini terus kita jalankan guna memutus mata rantai virus Covid-19,” pungkas Babinsa.


(Agus Kemplu)