Hari Pers Nasional ,Tolak Intimidasi Terhadap Wartawan -->

Header Menu

Hari Pers Nasional ,Tolak Intimidasi Terhadap Wartawan

Guntur Matalensa
Wednesday, February 9, 2022


MATALENSANEWS.com-
Hari PERS nasional merupakan hari yang bersejarah bagi insan pers di seluruh Indonesia (9/2/22).

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari. Hari Pers Nasional bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Simak sejarah Hari Pers Nasional 2022 berikut.

Hari Pers Nasional menjadi peringatan rutin tahunan sejak tahun 1985 silam. Hari Pers Nasional telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 5 Tahun 1985 dan ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985. Seperti apa sejarah Hari Pers Nasional 2022?

Dalam Keppres tersebut menyebutkan bahwa pers Indonesia memiliki sejarah perjuangan dan peranan penting melaksanakan pembangunan pengamalan Pancasila. Melalui hal tersebut, dewan pers menetapkan Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahun secara bergantian di setiap ibu kota provinsi se-Indonesia.

Sejarah Hari Pers Nasional 2022 tidak terlepas dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Sebab tanggal peringatan Hari Pers Nasional bertepatan dengan berdirinya PWI. PWI sendiri berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta, Jawa Tengah.

Pada pertemuan tersebut dihadiri oleh berbagai wartawan dari banyak media seperti surat kabar, majalah, wartawan, dan pejuang dari seluruh Indonesia. Pembentukan PWI menjadi organisasi wartawan pertama di Indonesia diketuai oleh Mr. Sumanang Surjowinoto dan sekretaris Sudarjo Tjokrosisworo.

Wartawan menjadi tangguh untuk tampil sebagai ujung tombak perjuangan Indonesia dengan kembalinya kolonialisme yang ingin meruntuhkan NKRI. Aspirasi pejuang wartawan Indonesia juga melahirkan SPS (Serikat Penerbit Suratkabar) pada 8 Juni 1946, tepat empat bulan setelah berdirinya PWI. Pada tahun 2011, Serikat Penerbit Suratkabar kemudian berubah nama menjadi Serikat Perusahaan Pers pada peringatan hari jadi SPS ke-65.

Redaksi MATALENSANEWS.com  mengucapkan selamat hari pers Nasional dan berharap agar intimidasi terhadap wartawan segera berkurang .

(Redaksi)