Kapolres Pekalongan Bantu Korban Bencana Banjir di Desa Pait -->

Header Menu

Kapolres Pekalongan Bantu Korban Bencana Banjir di Desa Pait

Monday, February 7, 2022


PEKALONGAN,MATALENSANEWS.com - Akibat curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya beberapa hari terakhir menyebabkan banjir, diantaranya di Kecamatan Sragi dan Kecamatan Siwalan.


Menindaklanjuti bencana alam berupa banjir tersebut Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., dengan didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polres melakukan kegiatan pemantauan sekaligus menyalurkan bantuan berupa sembako kepada warga masyarakat yang terdampak banjir.


Kapolres Pekalongan  AKBP Arief mengatakan  saat ini petugas dari TNI, Polri, BPBD dan juga dari pihak desa maupun kecamatan, tengah  melakukan pendataan masyarakat yang dilakukan evakuasi. Petugas pun juga sudah menyiapkan fasilitas kesehatan dan dapur umum di dua desa yakni  di Desa Pait dan Desa Purwodadi. 


“Hingga saat ini petugas terus melaksanakan pemantauan dan monitoring langsung kondisi yang terdampak. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan disekitar lokasi bencana banjir,” tegas Kapolres, Senin (7/2/2022).


Lebih lanjut dijelaskan Kapolres bahwa, sejak pagi tadi pihaknya bersama dengan Pemerintah Daerah, TNI, Polri BPBD, PMI dan relawan tengah berjibaku membantu mengevakuasi 75 warga Desa Pait Kecamatan Siwalan yang terjebak banjir dengan perahu karet untuk dibawa ke tempat pengungsian. 


Terlihat proses evakuasi berlangsung dramatis, karena tingginya genangan air dan aliran banjir cukup deras. Para lansia, ibu-ibu dan anak-anak dievakuasi karena kondisi rumah mereka terendam banjir hingga ketinggian satu meter, jelas Kapolres AKBP Arief. (Tri)