Antisipasi Kerawanan Pilkades Serentak, Personel Polres Cilacap Gelar Pelatihan Dalmas -->

Header Menu

Antisipasi Kerawanan Pilkades Serentak, Personel Polres Cilacap Gelar Pelatihan Dalmas

Thursday, March 10, 2022


Cilacap,MATALENSANEWS.com- Sebagai langkah persiapan dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Cilacap Tahun 2022, Polres Cilacap menggelar latihan Pengendalian Massa ( Dalmas ) dalam rangka untuk menanggulangi adanya potensi aksi kerusuhan massa yang dapat mengganggu stabilitas situasi kamtibmas.


Latihan kali ini di pimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Cilacap Kompol Bakti Kautsar Ali, S.Sos., S.I.K. dan di dampingi Kasat Samapta Polres Cilacap AKP Siswanto, S.H., M.M. dan di ikuti oleh Personel Polres Cilacap dan Polsek Jajaran Polres Cilacap, bertempat di Lapangan Apel SAR Polres Cilacap, Rabu, (09/03/2022)


Selaku Perwira Pengendali, Kabag Ops Polres Cilacap Kompol Bakti Kautsar Ali, S.Sos., S.I.K. mengatakan bahwa hari ini kita melaksanakan kegiatan pelatihan Dalmas dengan tujuan siap sedia dalam rangka Pilkades Serentak Tahun 2022 Di Wilayah Kabupaten Cilacap.


"Serta agar rekan rekan tahu pelaksanaan serta cara bertindak dalam Pilkades Nanti," Jelasnya.


“Kami juga melatih team negosiator (Polwan) Polres Cilacap yang memiliki kemampuan dalam negosiator pada pengendalian massa sehingga nantinya mampu dan bisa melakukan negosiasi dengan baik pada tahap awal,” Tambahnya.


"Pada latihan ini, anggota K9 membawa anjing guna pengurai massa. “Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan, ketika terjadi aksi unjuk rasa ataupun terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak" Kata AKP Siswanto.


Terkait kesiapan pengamanan Pilkades serentak, dirinya mengatakan bahwa telah menyiapakan personel, peralatan dan perlengkapan yang siap untuk digerakkan sewaktu-waktu.


latihan ini juga untuk meningkatkan profesional kerja dalam pengamanan, penanganan maupun penindakan terhadap pengunjuk rasa yang dianggap telah melanggar ketertiban maupun menganggu masyarakat lainnya. Latihan ini pun dilakukan secara rutin, agar para anggota siap terjun ketika ada unjuk rasa atau keributan.