Hujan Es Melanda Wilayah Kota Magelang -->

Header Menu

Hujan Es Melanda Wilayah Kota Magelang

Monday, March 28, 2022

Gambar : ilustrasi

MAGELANG,MATALENSANEWS.com- Hujan es terjadi di wilayah Kota Magelang, Jawa Tengah. Hujan es disertai dengan angin kencang yang melanda wilayah tersebut.


Berdasarkan informasi diperoleh hujan es disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Hujan es ini terjadi di wilayah Kota Magelang secara merata dan berlangsung lebih dari 5 menit.


"Hujan es (benar) terjadi barusan. Durasi 5 menit lebih," kata Plt Pelaksana Harian BPBD Kota Magelang Mahbub Yani Arfian kepada detikJateng, Senin (28/3/2022).


Sementara itu dikutip dari laman bmkg.go.id, fenomena hujan es merupakan yang biasa terjadi saat musim pancaroba.


Dalam keterangannya, disebutkan fenomena hujan es dapat terjadi karena dipicu oleh adanya pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.


Hujan es dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi yang menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut sehingga dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar.


"Besarnya dimensi butiran es dan kuatnya aliran udara turun dalam sistem awan CB atau yang dikenal dengan istilah downdraft dapat menyebabkan butiran es dengan ukuran yang cukup besar yang terbentuk dipuncak awan Cb tersebut turun ke dasar awan hingga keluar dari awan dan menjadi fenomena hujan es,' tulisnya.


Menurut BMKG, kecepatan downdraft dari awan Cb yang signifikan dapat mengakibatkan butiran es yang keluar dari awan tidak mencair secara cepat di udara, dan bahkan ketika sampai jatuh ke permukaan bumi pun masih dalam berbentuk butiran es yang dikenal dengan fenomena hujan es.(Guntur)