Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Prajurit Korem 073/Makutarama Gelar Latihan -->

Header Menu

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Prajurit Korem 073/Makutarama Gelar Latihan

Tuesday, April 26, 2022


Salatiga,MATALENSANEWS.com-Dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana nasional tahun 2022, prajurit Korem 073/Makutarama gelar latihan kesiapsiagaan, bertempat di lapangan apel Makorem, Jln Diponegoro, Salatiga, Jawa Tengah. Selasa, (26/4/2022).


Melalui latihan kesiapsiagaan bencana tersebut mulai dari pengecekan sarana dan prasarana keselamatan, penyusunan dan uji prosedur tetap, kesiapan personil, peralatan kebencanaa serta uji sistem dan alat peringatan dini.


Tujuan dari latihan kesiapsiagaan bencana tersebut adalah agar terwujudnya pemahaman kepada prajurit dan upaya pengurangan resiko bencana dilingkungan, meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiagaan dalam menghadapi bencana melalui latihan bertahap bertingkat dan berlanjut.


Kapenrem Korem 073/Makutarama Mayor Inf Masrokan saat latihan menyampaikan, latihan kesiapsiagaan bencana tersebut sebagai edukasi terkait budaya sadar bencana didaerah rawan bencana, hal tersebut dimulai dari individu, keluarga, komunitas, sekolah sampai lingkungan masyarakat.


Prajurit Korem 073/Makutarama berpartisipasi aktif dalam rangka peringatan hari kesiapsiagaan bencana nasional yang jatuh pada hari ini 26 April  2022 dengan membunyikan alarm seperti sirine, kentongan dan lonceng sebagai tandannya mulainya latihan evakuasi mandiri.


Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P., melalui Pasi Komsos Kapten Inf Bani mengatakan, “Kesiapsiagaan bencana di Korem 073/Makutarama sangat perlu dibangun sejak dini dimulai dari lingkungan terkecil, karena untuk menghadapi ancaman bencana sangat menentukan resiko dan dampak bencana akan diterima. Dengan adanya latihan kesiapsiagaan bencana ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia tangguh bencana,”ucap Kapten Bani.(Wahyu N)


Sumber : Penrem 073/Makutarama