Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Senin, 25 April 2022, 5:41:00 PM WIB
Last Updated 2022-04-25T10:41:21Z
BERITA POLISINEWS

Tim Tactical Reaksi Cepat Ditpolairud Polda Jateng Selalu Gunakan RIB Saat Tugas Khusus

Advertisement


SEMARANG,MATALENSANEWS.com - Tim Tactical Ditpolairud Polda Jateng merupakan tim reaksi cepat di perairan, baik laut maupun sungai. Kecepatan pergerakannya sangat efektif. Penting bagi tim Tactical Ditpolairud Polda Jateng, selain biasa bergerak dengan segala jenis kapal dan speedboat, tim ini juga bergerak dengan RIB.


RIB adalah Kapal jenis speed boat berlambung karet padat  berwarna hitam kecil ini yg berukuran kl 4 x 2 meter kerap terlihat mondar mandir di perairan Jawa Tengah jika ada kejadian seperti orang tenggelam penanganan SAR, Patroli ataupun penegakkan hukum.


Kendaraan air ini sendiri mempunyai banyak keistimewaan. Direktur Polair Polda Jateng Kombes Pol Hariadi, SIK, MH  mengatakan bahwa kapal ini memiliki Desain "V" Hull chain-nya. Ini mampu menjaga kestabilan manuver saat memecah ombak pada kecepatan tinggi.


Kemudian proses pembuatan botton, deck, dan transom dari kaca dikerjakan oleh tenaga profesional yang ahli dibidangnya, ketebalan lapisan antara 6-16 cm membuat rigid yang kuat, solid dan tahan lama.


Material tabung tiup dari bahan PVC yang diproses secara Sol Type System yang lebih solid, kuat dan awet. Cara penempelan tabung tip pada bidang rigid bertumpu yang dapat dibongkar pasang sehingga memudahkan perawatan.


Untuk bergerak di perairan cepat gesit dan lugas . Dapat meluncur di air dan bisa bergerak leluasa di perairan sempit, karena memilik draft yg pendek.


Meskipun gelombang laut, masih aman, nyaman, dan stabil dalam kecepatan tinggi sehingga cocok di laut , Waduk / danau ataupun di Sungai. Kelebihan lainnya apabila RIB ini apabila terbalik akan kembali lagi posisi stabil.


kapal bermesin 115 PK (Horse Power setara 115 tenaga kuda)  mesin single inti ini sangat lengkap peralatannya  seperti Marine Compass,  Global Position System (GPS), Radar, Teropong Binacular, Lampu-lampu Navigasi, Radio VHF, Radio SSB Marine, Megaphone dan Handy Talky sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan tugasnya. ARNAVAT DARPHA MAHE


Ditpolairud Polda Jateng memiliki 4 unit RIB (2 unit 85 PK dan 2 unit 15 PK) yg selalu standby dan siap diterjunkan dengan kemampuan personel yang handal dan  terlatih.


Kegiatan yang telah dilaksanakan dalam penggunaan RIB ini antara lain Pencarian korban Laka laut Batang 12 korban MD, Pencarian kapal terbalik Kedungombo 11 MD, meredam  konflik nelayan Demak- Kendal serta giat lainnya. Wadir Polairud Polda Jateng AKBP Yohanes Budi Sarwono menyatakan Personel kita selalu Siaga dan semoga Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat dirasakan manfaatnya.


Vio Sari/Rajawali 250422