Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemda Pulau Taliabu Gelar Lomba Festival Malam Ela-ela -->

Header Menu

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemda Pulau Taliabu Gelar Lomba Festival Malam Ela-ela

Sunday, May 1, 2022


BOBONG,MATALENSANEWS.com- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol) dan Dinas Lingkungan Hidup Menggelar kegiatan Pembukaan Lomba Festival Ela-ela dalam menyambut malam Lailatul Qadar 30 Ramadhan, sebagai tradisi leluhur, masyarakat setempat dengan melibatkan berbagai etnis dan agama. Yang bertempat di Taman Indah Ibukota Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Maluku Utara, Sabtu, 30 April 2022, tadi malam.



Gelar Kegiatan tersebut terlihat ribuan Warga masyarakat ibukota Bobong dan sekitarnya yang berbondong-bondong untuk hadir dalam kegiatan acara pembukaan lomba Festival malam Ela-ela itu.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol), Husain Adam dalam sambutannya mengatakan lomba Festival Ela-ela, dalam menyambut malam Lailatul Qadar 30 Ramadhan, Pemda baru pertama kali menggelar kegiatan lomba Festival malam Ela-ela pada, Sabtu, (30/4) telah meramaikan malam ela-ela atau menyalakan obor, yang merupakan tradisi Pertama kali di Kabupaten Pulau Taliabu di Tahun 2022 ini. tempatnya di malam ke-30 Ramadhan untuk menyambut malam Lailatul Qadar.


Festival ini, kata Husain, digagas dalam rangka menjaga nilai-nilai tradisi adat kedepan nantinya.


Festival tersebut resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu Ramli yang dimulai usai salat Maghrib


Dalam Festival Ela-ela ini, kata dia, tema yang diangkat yakni "Cahaya Ela-ela di  antara Aroma Rempah Ibukota Bobong Andalan".


Menurut dia, festival ela-ela yang telah menjadi kegiatan rutin akan digelar setiap tahun dan ditampilkan ritual penyambutan malam Lailatul Qadar yang diawali dengan pembacaan doa di Taman indah Ibukota Bobong ini.


"Kegiatan selanjutnya dalam Festival ela-ela tersebut, adalah pembakaran obor yang diikuti seluruh masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu." tuturnya


( Jek/Redaksi )