Dengan Komsos, Babinsa Ingatkan Warga Waspada Penyakit PMK Menyerang Ternak -->

Header Menu

Dengan Komsos, Babinsa Ingatkan Warga Waspada Penyakit PMK Menyerang Ternak

Guntur Matalensa
Tuesday, June 7, 2022


Boyolali,MATALENSANEWS.com-Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/ Sambi Kodim 0724/Boyolali Koptu Fathur melaksanakan Komsos( Komunikasi Sosial)bersama Bpk Dalimin yang merupakan peternak kambing di wilayah binaan tepatnya di Desa Babadan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Selasa ( 7/6/2022). 


Dalam Komsosnya Koptu Fathur mengungkapkan bahwa saat ini telah terjadi beberapa kasus tentang maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak jenis sapi, sehingga menjadi kekhawatiran baru ditengah masyarakat. 


" Penyakit PMK ini rentan menulari hewan ternak seperti, kerbau, sapi dan kambing”, jelas Babinsa.


Kekhawatiran tersebut juga disampaikan oleh bapak Dalimin yg memiliki ternak Kambing  sebanyak 13 ekor,

namun sesuai dengan yg disampaikan oleh bpk Dalimin sampai saat ini ternak kambing yg dimilikinya masih dalam kondisi sehat dan aman. 


Koptu Fathur berpesan kepada peternak agar selalu memperhatikan faktor kebersihan kandang, sebagai salah satu cara pencegahan dini supaya tidak tertular penyakit tersebut. 


“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor apa bila hewan ternak mereka mengalami sakit sehingga dapat segera ditanganani oleh dinas kesehatan hewan agar tidak terjadi penularan terhadap hewan lain”, ucap Koptu Fathur


(Agus Kemplu)