Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 28 Juni 2022, 2:40:00 PM WIB
Last Updated 2022-06-28T07:41:05Z
BERITA UMUMNEWS

PT Pertamina Pastikan SPBU Terapkan Pelayanan Pasti Pas dan Pasti Prima

Advertisement


MATALENSANEWS.com-
PT Pertamina (Persero), memastikan seluruh SPBU Pertamina di Indonesia menerapkan pelayanan Pasti Pas dan Pasti Prima. Sehingga, tak ada penyelewengan dalam melayani pelanggan terutama ketika mengisi bahan bakar di SPBU.


“Pelayanan SPBU menjadi atensi utama karena merupakan salah satu tonggak bisnis perusahaan, sehingga tentunya berusaha memberikan pelayanan terbaik sehingga tidak mengecewakan konsumen,” ujar Guntur SH selaku Koordinator Lapangan LAPK "SIDAK" (Lembaga Advokasi Perlindungan Konsumen), senin (28/6/2022).


Hal ini menjawab isu mendesain argo atau nozzle di SPBU Pertamina sudah lama terdengar. Banyaknya pesan berantai akan ISU tersebut meresahkan masyarakat.


Nozzle tersebut dicontohkan dengan memasukkan nominal ketika mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina, namun tak sesuai dengan volume bahan bakar yang diterima pelanggan.


“Tidak benar bahwa Pertamina sengaja mendesain argo maupun Nozzle sedemikian rupa sehingga merugikan konsumen. Saat ini Pertamina telah menerapkan standar Pasti Pas dan Pasti Prima di semua SPBU Pertamina untuk menjaga standar pelayanan ke konsumen,” terang Guntur SH.


Pertamina memastikan, SPBU diawasi secara rutin, sehingga pelayanan terhadap masyarakat tak diselewengkan oleh petugas di SPBU.


“Secara periodik Pertamina juga melakukan audit untuk memastikan layanan SPBU terjaga".


Di luar itu, pelayanan SPBU juga ditera oleh Badan Meteorologi sehingga terawasi oleh yang berwenang.


Apabila ditemui ada SPBU yang terbukti melakukan kecurangan” melalui nozzle, pihaknya akan memberikan sanksi tegas. Bahkan, sanksi terberat adalah pemutusan hubungan kerja sama dan menyegel SPBU Pertamina tersebut.


“Sanksinya bertahap atau dilapor, kan sesuai ketentuan. Mulai dari teguran, peringatan sampai pemutusan hubungan usaha,” ujar Guntur SH.


Selain itu,pihak pertamina menyediakan layanan pusat bantuan 24 jam yang akan memproses keluhan maupun aduan ketika mengalami penyelewengan di SPBU.


“Apabila ada keluhan mengenai pelayanan SPBU, terutama masyarakat kp dapat menghubungi Pertamina Call Center 135,” pungkasnya.(Tri)