Temukan Dugaan Modus Pungli PPDB Beberapa SMAN di Bogor, SBI Minta Satgas Saber Pungli Turun Tangan -->

Header Menu

 


Temukan Dugaan Modus Pungli PPDB Beberapa SMAN di Bogor, SBI Minta Satgas Saber Pungli Turun Tangan

Thursday, July 21, 2022

Keterangan foto:  Pimpinan SBI Agung Sulistyo melakukan audiensi ke Sekretaris Satgas Saber Pungli RI, Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul

KAB BOGOR,MATALENSANEWS.com- Seiring mencuatnya dugaan mengotak-atik nilai rapor yang dilakukan oleh salah satu SMP swasta di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor dengan  tujuan agar siswa yang baru lulus (alumni-red) dari SMP swasta tersebut diterima atau lolos seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari jalur prestasi nilai rapor di beberapa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN).


Tidak tanggung-tanggung, selain SMAN favorit yang menjadi incaran atau request dari alumni SMP swasta tersebut berhasil memonopoli sebanyak 65 bangku sekolah diantaranya :

- 17 bangku di SMAN 1 Cibinong.

- 30 bangku di SMAN 2 Cibinong, dan 

- 18 bangku di SMAN 3 Cibinong. 


Tentunya hal itu banyak membuat pihak merasa geram, seperti yang diungkapkan Sahabat Bhayangkara Indonesia (SBI). Agung Sulistyo selaku salah satu Pimpinan SBI mengatakan dari hasil investigasi yang dilakukan oleh tim SBI di lapangan, mendapatkan hasil pengumuman seleksi PPDB yang mayoritas asal sekolah pendaftar berasal dari SMP swasta tersebut.


"Ini kan aneh bin ajaib, masa iya hampir dari seluruh kuota jalur prestasi nilai rapor diisi oleh SMP swasta tersebut. Apalagi di tahun-tahun sebelumnya boleh dikatakan sekolahan itu nyaris alumninya tidak ada yang mendaftar PPDB SMAN dari jalur prestasi rapor. Bahkan di yayasan sekolah swasta tersebut ada juga jenjang SMA-nya, kenapa tiba-tiba tahun ini berbondong -bondong mendaftar ke SMA lain? ini kan aneh," ujarnya, Kamis (21/7).


Masa iya, lanjut Agung Sulistyo, sekolah sederajat SMP yang notabene-nya SMP negeri dan merupakan sekolah favorit banyak alumninya tidak diterima atau lolos seleksi jalur prestasi nilai rapor. 


"Janganlah karena adanya permainan oknum tertentu sehingga mengorbankan alumni SMPN yang notabene-nya memang berprestasi, apalagi pendidikan adalah hak anak bangsa," sesalnya.(Redaksi)


"Iya, saya sudah melaporkan hal ini kepada Sekretaris Satgas Saber Pungli RI, Bapak. Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul, dan beliau berjanji akan segera memerintahkan jajaran Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Propinsi Jawa Barat untuk menyelidiki informasi dan data yang kami sampaikan," tutupnya.

-.-.-.-.

Keterangan foto:  Pimpinan SBI Agung Sulistyo melakukan audiensi ke Sekretaris Satgas Saber Pungli RI, Irjen. Pol. Dr. Agung Makbul