Barbershop ARA, Pilihan Tepat Pria Modern Untuk Mengurus Rambut -->

Header Menu

Barbershop ARA, Pilihan Tepat Pria Modern Untuk Mengurus Rambut

Tuesday, September 6, 2022


BOYOLALI,MATALENSANEWS.com-Dulu masyarakat kita mengenal tempat cukur rambut di bawah pohon atau salon sebagai tempat memotong dan merapikan rambut pria, kini Barbershop alias tempat cukur cowok menjadi pilihan utama pria modern untuk mengurus rambutnya.


Bila sebelumnya para tukang cukur hanya bermodalkan cermin, gunting, dan sisir, kini di Barbershop para pelanggan bisa mendapat layanan yang nyaman dan gaya rambut yang lebih kekinian, Selasa (6/9/22).


"Pangkas rambut tradisional pada dasarnya sama dengan barbershop, namun fasilitasnya lebih minim."



Di Barbershop ARA yang terletak di  Timur Tugu Lilin Pasar Ampel, tepatnya di Desa Urut Sewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali, pelanggan akan merasakan tempat yang lebih nyaman dan sejuk ber-AC. Tersedia pula produk grooming untuk menunjang tatanan rambut.


"Kalau dari segi potongan rambut mungkin sama, tetapi servicenya di tukang cukur biasa mungkin tidak ada, misalnya mencuci rambut sebelum pangkas. Durasi potong rambutnya juga lebih singkat," kata pemilik Barbershop ARA yaitu Evan Saputro.


Selain itu, menurut Evan tukang cukur tradisional juga umumnya kurang referensi potongan rambut pria terbaru. "Sehingga model rambutnya itu-itu saja. Beda dengan Barbershop yang lebih update, bahkan bikin ciri khas gaya potongan masing-masing," ujarnya.


Layanan utama yang ditawarkan barbershop antara lain pengguntingan rambut dan shaving (mencukur kumis dan janggut), ujarnya.


Sementara itu, layanan pelengkap yang bisa kita dapatkan di tempat pangkas ini adalah pewarnaan rambut. 


Berbeda dengan pewarnaan rambut di salon yang lebih variatif, menurut Evan di barbershop ARA ini, biasanya cat rambut hanya untuk menutupi uban. "Warnanya tidak jauh dari hitam, paling terang warna coklat," paparnya.


Bukan hanya pintar memotong rambut sesuai gaya yang sedang tren, para barber (pemangkas rambut) juga dituntut lebih luwes berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini dianggap menjadi daya tarik utama barbershop yang sukses.


"Selain skill, yang harus dimiliki para barber adalah attitude. Karena ini adalah bisnis service, jadi kalau nggak punya jiwa melayani akan susah," katanya.



Perbedaan Barbershop dan Salon..!!


Perbedaan utama antara barbershop dan salon yaitu seorang barber biasanya dilatih untuk memotong model rambut pria dengan keahlian menggunakan clipper, sementara penata salon dilatih untuk memotong model rambut dengan seni menata rambut menggunakan gunting.


Dengan mengetahui perbedaan barbershop dan salon, akan membantu Anda untuk menentukan tempat perawatan rambut yang sesuai dengan model rambut yang Anda inginkan.



Simak lebih detail perbedaan barbershop dan salon di bawah ini:


1. Perbedaan Model Rambut

Barbershop menawarkan potongan rambut pendek dengan gaya tradisional seperti buzz cut, flattop, fade, atau gaya militer. Sedangkan penata rambut di salon umumnya memiliki lebih banyak pengalaman memotong dan menata rambut yang lebih panjang.


2. Produk Perawatan Rambut

Berbagai jenis perawatan rambut akan Anda temukan di salon. Seperti, meluruskan rambut, hair mask, perawatan detoks rambut, dll. Berbeda dengan salon, barbershop lebih dikhususkan untuk perawatan rambut seperti hair wax, pomade, dan shaving cream.


3. Fasilitas

Sebelum memotong rambut, jika Anda pergi ke salon biasanya rambut Anda akan dicuci terlebih dahulu. Maka dari itu, pencuci rambut merupakan hal yang wajib ada di salon. Namun, lain halnya dengan barbershop yang mengusung konsep quick cutting. Barbershop dengan konsep ini tidak dilengkapi dengan fasilitas pencuci rambut.


4. Alat Pemotong Rambut

Salon dan barbershop ternyata menyediakan alat berbeda untuk memotong rambut. Salon memotong rambut menggunakan gunting, sementara barbershop memotong rambut dengan hair clipper yang membuat waktu memotong rambut lebih singkat dan cepat.


5. Biaya

Sejumlah stylist ternama sering ditemukan di salon. Hal ini seringkali membuat biaya untuk memotong rambut menjadi lebih mahal. Anda juga perlu menyiapkan biaya tambahan jika ingin mencoba perawatan rambut lain seperti blow rambut atau hair spa. 


Sedangkan, biaya memotong rambut di barbershop cenderung lebih hemat karena potongannya mudah meski pekerjanya tetap tenaga profesional.


Perbedaan di atas adalah generalisasi dan tidak setiap barber atau penata salon seperti yang digambarkan. Karena saat ini para penata salon juga dapat menangani model rambut pria klasik, dan para barber juga banyak yang terampil dalam model rambut yang lebih panjang dan trendi. Pilihlah tempat yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk perawatan rambut. (GT)