Blusukan ke Desa-desa, Dewi Aryani Luncurkan Program Atasi Stunting -->

Header Menu

Blusukan ke Desa-desa, Dewi Aryani Luncurkan Program Atasi Stunting

Wednesday, September 7, 2022


TEGAL,MATALENSANEWS.com- Permasalahan stunting di Kabupaten Tegal merupakan persoalan bersama yang harus ditangani secara bersama-sama. Hal ini mengundang perhatian khusus dari Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dr. Dewi Aryani, M.Si.


Legislator PDI Perjuangan ini tak henti-hentinya turun langsung ke desa-desa bersama mitra kerja BKKBN. Kali ini DeAr sapaan akrabnya menyambangi Desa Cenggini Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, Rabu (7/9/2022).


Turut hadir Perwakilan BKKBN Pusat, BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas DP3A2KB, Perwakilan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal, Forkompimcam Balapulang, Kades se- Kecamatan Balapulang, Kades Cenggini, dan tamu undangan.


Mengawali sambutannya selaku tuan rumah Kades Cenggini Titik Kurniati mengucapkan selamat datang kepada Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Ibu Dr. Dewi Aryani, M.Si beserta rombongan.


Saya mewakili masyarakat Cenggini berterima kasih sekali kepada Ibu Dewi Aryani bisa berkunjung di desa kami, Alhamdulillah penduduk Desa Cenggini guyub dan rukun. Mudah-mudahan Ibu Dewi sering berkunjung di desa kami sehingga bisa mendengarkan aspirasi dari masyarakat Desa Cendini," harapnya.


Mewakili DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal yang juga sebagai Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Fraksi PDI Perjuangan KRT. Sugono mengatakan berkaitan dengan aspirasi di desanya nanti bisa berkoordinasi langsung dan bekerjasama dengan saya," ujar Sugono yang ditunjuk oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal sebagai pembina wilayah Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.


Sugono mengatakan kehadiran Ibu Dewi Aryani selain membawa aspirasi untuk kemajuan di daerah juga merupakan kesempatan emas bagi masyarakat. "Jarang sekali ada Anggota DPR RI yang turun langsung ke masyarakat, bahkan Anggota DPRD pun jarang," ungkapnya.


Pada kesempatan tersebut Sugono mengajak masyarakat Desa Cenggini untuk memilih Ibu Dewi Aryani pada Pemilu 2024 yang akan datang, selain beliau aktif turun ke masyarakat juga kita akan lebih mudah menyampaikan aspirasi-aspirasi dari masyarakat tentunya untuk kemajuan di desanya," tegasnya.


Sementara Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dr. Dewi Aryani, M.Si mengatakan kedatangannya di Desa Cenggini merupakan rasa kangen dirinya kepada masyarakat Desa Cenggini.


DeAr sapaan akrabnya juga mengucapkan terimakasih kepada senior partai PDI Perjuangan Pak Rojikin yang sudah hadir, serta pegurus PAC, Ranting, Bidan Desa, Karang Taruna, Kader Posyandu dan tamu undangan.


Terkait angka stunting yang tinggi di Desa Cenggini, DeAr akan membantu melalui program bantuan bisquit. Untuk desa yang akan stunting nya tinggi jumlahnya akan diperbanyak. Mudah-mudahan dapat membantu asupan gizi bagi ibu hamil dan balita yang ada di Desa Cenggini.


Selain itu, DeAr mengatakan untuk penanganan stunting, sekarang ini bisa menggunakan Dana Desa (DD) sebesar 8 persen. Hal ini tentunya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan stunting di Kabupaten Tegal. Untuk itu sebagai Anggota Komisi IX DPR RI, DeAr akan melakukan pengawasan sehingga penggunaan anggaran akan tepat sasaran. Diharapkan Kepala Desa bisa mengelola Dana Desa (DD) untuk potensi-potensi yang ada desanya secara berkesinambungan," pintanya.


Persoalan stunting butuh penanganan bersama, saat ini DeAr meluncurkan program-program untuk membantu mengatasi stunting diantaranya program penanaman bibit ikan, nantinya ketika panen bisa dimanfaatkan untuk masyarakat, selain itu membuat kawasan buah mangga di desa-desa di Kabupaten Tegal. Selain itu program pemberdayaan ekonomi yaitu dengan membuka 1000 toko sembako dengan target minimum 1 RW satu toko sembako," ungkapnya.


Bukan itu saja, melalui Grup yang dibentuknya, DeAr meluncurkan program pemberdayaan pertanian, nantinya petani akan diberikan bantuan bibit, pupuk sampai dengan cara pengolahan tanahnya.  Hal ini dilakukan untuk membantu program pemerintah juga meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Tegal," ujarnya.


Sebagai Anggota DPR RI, bantuan apapun akan dilakukan semampu kita sebisa kita. Juga aspirasi -aspirasi yang lainnya untuk membantu masyarakat," pungkas DeAr yang menjabat Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan sejak tahun 2009 dari Dapil 9 Jateng yang meliputi wilayah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes. (HS/TRI)