Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Minggu, 25 September 2022, 6:31:00 PM WIB
Last Updated 2022-09-25T11:31:04Z
Berita Olah ragaNEWS

Danjen Kopasus Buka Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen KOPASSUS CUP NUSANTARA DERBY 2022 Yang Diikuti 122 Kuda

Advertisement

Foto : Danjen Kopassus, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan (Tengah)

Ungaran,MATALENSANEWS.com-Bertempat di lapangan Pacuan Kuda Tegal Waton Kab Semarang diselenggarakannya acara kejuaraan Nasional Pacuan kuda, Minggu (25/9/2022).


Penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda ini adalah salah satu bentuk program Pembinaan Teritorial yang dilaksanakan oleh Kopassus dan juga merupakan bentuk apresiasi secara langsung terhadap prestasi atlet-atlet pacuan kuda di Indonesia.


Danjen Kopassus, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan mengatakan bahwa kejuaraan ini merupakan program teritorial dari Kopassus.


“Penyelenggaraan kejuaraan nasional pacuan kuda ini adalah salah satu bentuk program pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh Kopassus dan juga merupakan bentuk apresiasi secara langsung terhadap prestasi atlet-atlet pacuan kuda di Indonesia,” kata Iwan kepada MATALENSANEWS.com, Minggu (25/9/2022).


Di sisi lain dengan digelarnya kejuaraan ini juga untuk memupuk tali silaturahmi serta kebersamaan sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat.


“Melalui kejuaraan pacuan kuda ini untuk mencari bibit dan melatih kuda pacu dari seluruh Indonesia yang berpotensi untuk dapat berprestasi sampai dengan tingkat Internasional,” jelasnya.


Dirinya berharap dengan adanya kejuaraan ini dapat menarik minat dan penggemar olahraga berkuda di Indonesia.


“Semoga kedepan kejuaraan seperti ini dapat digelar secara rutin setiap tahunnya,” imbuhnya.


Ada sepuluh race pacuan utama dan delapan race pacuan tambahan dari jarak 1000 sampai 2200 meter.


“Dalam pelaksanaan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Nusantara Derby 2022 Round II di Tegalwaton Kabupaten Semarang mengikutsertakan 122 ekor kuda,” paparnya.


Dalam perlombaan ini terdapat sepuluh Kontingen yang terdiri dari beberapa Provinsi, seperti Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat.


Dilaksanakannya lomba pacuan kuda ini bertujuan untuk mencari bibit dan melatih Kuda Pacu dari seluruh Indonesia yang berpotensi untuk dapat berprestasi sampai dengan tingkat Internasional. Selain itu juga untuk mencari bibit atlet pacuan kuda berprestasi dan juga diharapkan dapat menarik peminat dan penggemar olahraga berkuda di Indonesia.


Dalam lomba pacuan kuda ini ada berapa materi yang diperlombakan dalam event ini,dalam materi lomba pacuan kuda ini terdapat 10 race Pacuan utama dan 10 race pacuan tambahan,diantaranya Pacuan Utama yaitu Kelas A terbuka 2200 Meterb,Kelas A Sprint terbuka 1300 Meterc,Kelas B 1800 Meterd,Kelas B Sprint 1200 Metere,Kelas C 1600 Meterf,Kelas C Sprint 1100 Meterg,Kelas D 1400 Meterh,Kelas D Sprint 1000 Meteri,Kelas E 1200 Meterj,Kelas F 1000 Meter dan Pacuan Tambahana Kelas Non Finalis 1400 Meter4b,Kelas calon Derby 1200 Meterc,Kelas Calon Remaja 1200 Meterd,Kelas 3 Tahun KPI 1000 Metere,Kelas G 1000 Meterf, Kelas H g,Kelas Ih dan Kelas J4.


“Ini Merupakan Harapan saya, agar kedepannya Kopassus bisa turut serta menyelenggarakan lomba pacuan kuda dalam rangka HUT Kopassus tiap Tahunnya”.Ujar Danjen Kopasus Mayjen Iwan Setiawan.


Pelaksanaan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Nusantara Derby 2022 Round II di Tegalwaton mengikut sertakan 122 ekor kuda.


Penyelenggaraan event kejuaraan pacuan kuda ini dihadiri oleh Kasdam IV/Diponegoro, Danrem 073/Makutarama, Dandim 0714/Salatiga,Wakapolda Jateng,Kapolres Semarang, Kapolres Salatiga dan Bupati Semarang.


“Event ini disiapkan selama kurang lebih 1 Bulan oleh Personel Kopassus, tentunya di bantu oleh masyarakat, sebagai wujud implementasi kemanunggalan dengan Rakyat”.Pungkas Danjen Kopasus.(GT)