Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Senin, 12 September 2022, 3:03:00 PM WIB
Last Updated 2022-09-12T08:03:07Z
BERITA POLISINEWS

Kapolda Jateng Cek Lokasi Kirab Budaya G20 di Borobudur, Jamin Keamanan dan Kenyamanan Para Delegasi dan Peserta

Advertisement


MAGELANG,MATALENSANEWS.com - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menjamin keamanan dan kenyamanan para peserta dan delegasi negara G20. Pernyataan tersebut disampaikannya saat meninjau lokasi pengamanan acara Kirab Budaya G20 Pengamanan bertempat di Pospam Terpadu CMM G20 di Borobudur, Senin (12/9).


“Kita melakukan pengamanan tidak hanya memberikan rasa aman tapi juga nyaman kepada seluruh delegasi yang hadir di wilayah Jawa Tengah,” ujar Kapolda dihadapan media


Pengamanan yang dilakukan melibatkan 1700 personil yang digelar mulai dari kedatangan para tamu di wilayah Polda DIY, pengamanan dan pengawalan jalur dari DIY ke Magelang, serta pengamanan terbuka dan tertutup hingga ke safe house di wilayah Magelang.


Pengamanan berlapis juga dilakukan di beberapa zona mulai dari hotel tempat menginap, lokasi kegiatan hingga kegiatan rapat. Di masing-masing lokasi terbagi ring pengamanan mulai dari dalam hingga di seputaran lokasi pengamanan.


“Terhadap para delegasi juga dilakukan pengamanan melekat dari LO yang disediakan oleh Polda Jateng mulai dari kedatangan hingga selesainya acara kegiatan serta disediakan anggota yang standby di lokasi pengamanan selama 1x24 jam," ungkapnya.


Kapolda menjelaskan, kegiatan pengamanan tersebut dilakukan usai gelar pasukan pada hari Minggu (11/9) kemarin hingga kepulangan para tamu delegasi di tanggal 14 mendatang.


“Kita dirikan berbagai posko di tiap lokasi pengamanan, bahkan di posko gabungan juga melibatkan berbagai instansi tidak hanya Polri,” jelasnya.


Kapolda menegaskan bahwa tingkat pengamanan yang diberikan akan sama baik tamu dari dalam maupun luar negeri dengan memperhatikan SOP pengamanan dan pengawalan VVIP.


Meski mengutamakan kenyamanan para tamu delegasi, namun pihaknya akan tetap melakukan penegakan hukum manakala ditemui adanya gangguan kamtibmas maupun tindak pidana yang terjadi yang berpotensi mengancam kelancaran jalannya kegiatan G20 di Jateng.


Terkait dengan ancaman terorisme, dirinya telah menerjunkan tim dari Gegana Brimob untuk melakukan sterilisasi baik di lokasi tempat menginap hingga lokasi kegiatan berlangsung.


“Pengamanan yang kami berikan nyaman jadi tidak hanya tegas tapi mengutamakan kenyamanan para tamu delegasi yang hadir dalam kegiatan G20. Jadi masyarakat senang dengan gelaran G20, dan yang utama para tamu delegasi merasa nyaman dengan pengamanan yang diberikan,” pungkasnya.


Dengan rasa nyaman yang dirasakan para tamu delegasi tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai budaya Indonesia yang hangat dan nyaman.(Djoko S)