Ada Apakah..! Presiden Panggil Kapolri, Seluruh Kapolda dan Kapolres -->

Header Menu

Ada Apakah..! Presiden Panggil Kapolri, Seluruh Kapolda dan Kapolres

Guntur Matalensa
Thursday, October 13, 2022


MATALENSANEWS.com-
Presiden Jokowi mengagendakan rapat besar bersama jajaran Polri. Tak hanya Kapolri dan para Pejabat Utama di Mabes Polri, Presiden juga meminta para Kapolda, termasuk para Kapolres serta Kapolrestabes dari semua wilayah, untuk menghadap ke Istana Negara, pada Jumat (14/10/2022) besok.


Belum diketahui pasti ada agenda apa Presiden harus memanggil para pejabat kepolisian itu.


Namun berdasarkan Surat Telegram Kapolri (STR) No. 764/X/HUM.1/2022 yang terbit pada Rabu (12/10/2022), disebutkan jika Presiden Jokowi akan memberikan pengarahan.


Dalam STR tersebut disebutkan, pengarahan di Istana Negara, pada Jumat (14/10/2022) itu, merupakan lanjutan dari Rapat Koordinasi (Rakor) jarak jauh pada Rabu (12/10/2022), yang dihadiri oleh Kasetpres terkait rencana pengarahan Presiden Jokowi untuk jajaran Polri.


“Bersama ini disampaikan bahwa pada Hari Jumat Tanggal 14 Oktober 2022 Pukul 14:00 WIB bertempat di Istana Negara Jakarta Pusat, Presiden akan memberikan pengarahan kepada jajaran kepolisian,” begitu isi STR yang ditandatangani oleh Asops Kapolri, Irjen Pol Agung Setya, yang dikutip Matalensanews.com dari ROL, Kamis (13/10/2022) petang.


Dalam STR tersebut juga dijelaskan 3 kategori pejabat Polri yang diminta ikut ke Istana Negara. Di antaranya yaitu, Pejabat Utama (PJU) di Mabes Polri, para Kapolda seluruh Indonesia, dan para Kapolres, Kapolrestabes dari seluruh Indonesia.


Dalam STR tersebut ditegaskan, para pejebat Polri yang datang ikut pengarahan diwajibkan mengenakan seragam Pakaian Dinas Lapangan (PDL), tapi tidak boleh memakai penutup kepala, serta dilarang membawa tongkat komando.


“Peserta tidak diperkenankan membawa ADC. Tidak membawa HP. Hanya membawa buku catatan dan pulpen,” begitu isi STR tersebut.


STR itu, juga mewajibkan para pejabat Polri yang datang pengarahan Istana Presiden untuk wajib melakukan PCR Swab.(Red)