Antisipasi Konflik Pilkades Serentak, Kapolres Demak Patroli ke TPS -->

Header Menu

Antisipasi Konflik Pilkades Serentak, Kapolres Demak Patroli ke TPS

Guntur Matalensa
Sunday, October 16, 2022


Kontributor : Aris

Demak,MATALENSANEWS.com - Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono bersama jajarannya, melakukan pengecekan tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gelombang I Tahun 2022 di Kabupaten Demak.


Dalam kesempatan itu Budi Adhy Buono meninjau sejumlah TPS di Desa Krajan Bogo Kecamatan Bonang dan Desa Baleromo Kecamatan Dempet.


Dalam arahannya Budi mengimbau kepada panitia pemilihan kepala desa agar selalu menjaga dan tetap menciptakan situasi aman dan kondusif saat Pilkades berlangsung.


"Diharapkan kepada para panitia pemilihan kepala desa ikut dalam menciptakan situasi kondusif di wilayah setempat. Kepada calon kepala desa untuk berkomitmen harus siap menang dan siap kalah," kata Budi, Minggu (16/10/2022).


Sebanyak 6.997 personil gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas dikerahkan untuk melakukan pengamanan Pilkades Serentak di wilayah hukum Polres Demak, pada 1.417 TPS di 182 Desa.


Polres Demak juga meminta tambahan personel pasukan Brimob dari Polda Jateng, Dalmas Polda Jateng, Dalmas Polres Jepara, Dalmas Polres Kudus dan Dalmas Polres Grobogan untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam gelaran Pilkades Serentak kali ini.


"Jangan underestimate, kami akan kerahkan pasukan lebih dari yang semestinya guna mengantisipasi terjadinya potensi konflik. Kami siagakan pasukan dari Brimob dan personel dari Polres tetangga, jika sewaktu-waktu eskalasi meningkat di suatu desa maka personel akan kita geser ke wilayah tersebut," ungkapnya.


Budi menambahkan, dari pengamatan Satuan Intelkam Polres Demak di lapangan, ada belasan desa yang dikategorikan rawan konflik dalam Pilkades Kabupaten Demak.


Beberapa skema pengamanan pun telah siap dijalankan untuk mengantisipasi terjadinya konflik di Pilkades Demak.


"Tidak hanya itu, Bupati Demak beserta jajaran Forkopimda juga turun ke lapangan untuk meninjau pelaksanaan Pilkades serentak ini guna memastikan proses pemungutan suara di TPS berjalan lancar. Harapan kami Pilkades serentak tahun 2022 kali ini berjalan aman, damai dan sejuk," pungkasnya.