Entaskan Kemiskinan, Baznas Kota Salatiga Berikan Bantuan -->

Header Menu

Entaskan Kemiskinan, Baznas Kota Salatiga Berikan Bantuan

Guntur Matalensa
Friday, October 28, 2022


Laporan : TRI

SALATIGA,MATALENSANEWS.com - Para penerima zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Salatiga diharapkan dapat mengelola bantuan yang diterima untuk menjadikan usahanya lebih produktif. Dengan demikian, penerima bantuan selanjutnya dapat memberi bantuan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. 


Ketua Baznas Kota Salatiga Ari Hidayah Iswanto mengatakan sejak 2018 telah memberi ZIS untuk rehab 47 rumah senilai Rp 540 juta, bantuan modal dan alat usaha untuk 380 orang senilai Rp 570 juta, beasiswa untuk 1.000 siswa. "Selain itu juga mendistribusikan 5.000 paket sembako untuk warga yang membutuhkan," jelasnya di Mapolsek Sidomukti Polres Salatiga, Jumat (28/10/2022). 


Ari mengungkapkan pemberian ZIS ini merupakan sinergi dengan Polres Salatiga. "Para penerima bantuan disurvei oleh para Bhabinkamtibmas sehingga tepat sasaran untuk pengembangan usaha mereka," ungkapnya. 


Ari menegaskan bahwa Baznas adalah mitra pemerintah untuk pengentasan kemiskinan. "Kami menghimpun, mengelola, dan mendistribusikan dana untuk pengentasan kemiskinan. Sehingga kami berharap penerima bantuan semakin tumbuh berkembang, banyak kontribusi untuk pengembangan ekonomi kecil," paparnya. 


Sementara Kabag SDM Polres Salatiga Kompol Jumaeri berharap para penerima bantuan semakin produktif sehingga meningkatkan kesejahteraan. "Kita semua harus berlomba-lomba dalam kebaikan, apalagi ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga," ungkapnya. 


Kapolsek Sidomukti Kompol Parwanto menyampaikan penerima bantuan berjumlah 24 orang. Terdiri dari 13 pelaku ekonomi produktif dan 11 paket logistik keluarga. "Penerima bantuan betul-betul adalah warga yang membutuhkan, sehingga dilakukan survei terlebih dulu agar tepat sasaran," jelasnya. 


Penerima bantuan, Susilowati mengaku senang dengan bantuan seperangkat alat memasak yang diterimanya. "Ada kompor, gelas, termos, dan mangkok sehingga ini bisa membuat saya semakin bersemangat berjualan soto," jelasnya.