Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 17 Desember 2022, 10:22:00 AM WIB
Last Updated 2022-12-17T03:22:26Z
BERITA UMUMNEWS

Ditandai dengan Adzan, Pemasangan Tiang Kubah Masjid Darurrahman Desa Tokaka Berlangsung Khikmat

Advertisement


TOKAKA,MATALENSANEWS.com- Warga sedang Menangis, prosesi pemasangan tiang Kubah masjid Darurrahman Desa Tokaka Kecamatan Gane Barat Utara, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara. Jumat, 16 Desember 2022, sekira pukul 06.00 Waktu Indonesia timur ( WIB) dini hari, berjalan penuh khidmat.


Ratusan warga Desa Tokaka, terlihat antusias mengikuti prosesi pemasangan tiang kubah masjid atau dalam bahasa daerah disebut "Tiang Alif"


Doa serta kalimat-kalimat pujian kepada Allah SWT, sang pencipta terus disuarakan oleh masyarakat Desa Tokaka. Suasana bertambah syahdu dan khikmat saat prosesi pemasangan "tiang alif" yang ditandai dengan kumandang adzan oleh Hairuddin, hingga beberapa warga tangisan air mata saat mengingat orang-orang tua mereka yang sudah bertahun-tahun wafatnya.


Hal ini disampaikan oleh salah satu Warga desa Tokaka Rasid Hi.Zainal, ikut dalam prosesi pemasangan Tiang Alif ( Kubah) masjid Darurrahman ini, turut dihadiri para tetua kampung, tokoh adat, tokoh agama, imam-imam, dari ratusan warga sekitar dan badan sya'ra bersama pengurus masjid Darurrahman, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat dan sejumlah masyarakat baik dari desa-desa sekitar.


Dia bilang, Kepala Desa (Kades) Tokaka Jufri Ajid, tidak bisa hadir dalam proses pemancangan Tiang Alif ( Kubah) Mesjid Darurrahman tersebut, dikarenakan Sakit keras, sementara berobat di Bacan Halmahera Selatan. hanya memberikan apresiasi, dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi pada prosesi pemasangan Tiang Alif masjid Darurrahman Desa Tokaka.


"Karena Kades masih sakit, Memberikan apresiasi kepada seluruh masymasyarakat, ikut menunjukkan jiwa kebersamaan dalam berpartisipasi menaikkan Tiang Alif tersebut," kata Rasid, dengan sangat sedihnya via pesan Watshapp pada media ini. Jumat, 16/12/2022.


Dia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para pemuka agama, tokoh adat dan pemuda serta ibu-ibu telah ikut melibatkan diri dan memiliki samangat yang luar biasa, sejak awal pembangunan hingga tahapan pemasangan tiang alif masjid Desa Tokaka.


Lanjut dia, Masyarakat juga berharap kepada Pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Selatan dan Pemprov Maluku Utara harus serius memperhatikan Rehabilitasi pembangunan mesjid Darurrahman Desa Tokaka itu.


"Sebab pembangunan mesjid Darurrahman Desa Tokaka itu, masih banyak membutuhkan Anggaran Ratusan juta hingga miliaran rupiah." imbuhnya. ( Jek)