Hari Bakti PU Ke-77, PUPR Pulau Taliabu Sigap Bangun Negeri & Salurkan Bantuan ke Warga Tak Mampu -->

Header Menu

Hari Bakti PU Ke-77, PUPR Pulau Taliabu Sigap Bangun Negeri & Salurkan Bantuan ke Warga Tak Mampu

Sabtu, 03 Desember 2022


BOBONG,MATALENSANEWS.com- Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) yang jatuh setiap 3 Desember, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara menggelar  Peringatan Hari Bhakti PU ke 77 mengusung tema “77 Tahun Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri”.


Dan melakukan kegiatan penyaluran bantuan beras sebanyak 250 karung ke warga masyarakat yang kurang mampu.. 


Kepala Dinas PUPR Taliabu, Suprayitno mengatakan, bantuan ini kami salurkan kepada warga kategori ekonomi rendah. 


"Kami berharap bantuan yang diberikan dapat membantu warga, masyarakat ibukota Bobong Pulau Taliabu" kata Suprayitno, Sabtu 3 Desember 2022.


Sementara itu, Suprayitno berjanji akan meningkatkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pulau Taliabu. 


"Kami tetap semangat dalam melangsungkan pembangunan di Taliabu,"  ucapnya. 


*Bukti nyata PUPR Pulau Taliabu memaksimalkan pembangunan*


Kadis PUPR Taliabu, Suprayitno mengatakan pembangunan infrastruktur sejauh ini telah dikerjakan secara maksimal. 


"Sebagai refleksi dan mengenang perjuangan insan PUPR Pahlawan Sapta Taruna, tentu Kami PUPR akan terus kerja keras dalam mewujudkan kebutuhan pembangunan infrastruktur di Daerah Kabupaten Pulau Taliabu," tegasnya. 


Suprayitno menguraikan, misalnya pembangunan kantor Bupati dan kantor DPRD telah diresmikan. 


Selain itu, beberapa ruas jalan yang sudah selesai dan sementara dikerjakan begitu juga jembatan dan fasilitas lainnya pada tahun 2022 ini. 


"Kami pada tahun 2022 sesuai visi-misi AMR Jilid 2 akan melanjutkan pembanguan dan penataan dalam kota Bobong. Juga beberapa ruas jalan jembatan pada 2023 mendatang," akunya. 


Karena itu, Suprayitno meminta kepada warga masyarakat Taliabu bisa bersama-sama mengawal pembangunan secara keseluruhan. 


"Kami harap support dan kerjasama dari seluruh masyarakat untuk sukseskan agenda PUPR pada tahun 2023" harapnya. 


*Ringkasan Sejarah Hari Bhakti Pekerjaan Umum*


Kadis PUPR Taliabu, Suprayitno memaparkan tentang sejarah kelam Hari Bhakti Pekerjaan Umum. 


Sejarah ini ditandai dengan pertempuran 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat (Gedung V dan W), yang kini dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.


Kala itu, sekira pukul 11.00 WIB, pasukan tentara sekutu (NICA) bersenjata lengkap dan modern mengepung Gedung Sate, yang kemudian dijaga ketat oleh 21 orang pemuda sekaligus petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum.


Para pemuda itu pun mempertahankan Gedung Sate tersebut serta melakukan perlawanan mati-matian dengan segala kekuatan yang dimiliki untuk mempertahankan Gedung V & W yang kala itu merupakan kantor Pusat Departemen Pekerjaan Umum pertama setelah Kemerdekaan Republik Indonesia. 


"Pertempuran 3 Desember 1945 di Gedung Sate berakhir pada pukul 14.00 WIB. Tercatat sebanyak 7 orang pegawai PU gugur dalam peristiwa tersebut dan jenazah mereka tidak ditemukan sampai sekarang." paparnya. (Jek/Redaksi)