Kate Victoria Lim Bahas Oknum Kejaksaan Keluarkan Legal Opinion Tambang Ilegal -->

Header Menu

Kate Victoria Lim Bahas Oknum Kejaksaan Keluarkan Legal Opinion Tambang Ilegal

Minggu, 01 Januari 2023


JAKARTA,MATALENSANEWS.com- Putri advokat Alvin Lim pengacara fenomenal yang berani melawan oknum, Kate Victoria kali ini menyengol adanya oknum kejaksaan yang kerap mengeluarkan Legal Opinion (LO) untuk tambang ilegal. Kate Lim membahas modus oknum jaksa dalam tambang ilegal, dalam videonya di kanal Youtube Quotient TV, ini linknya https://youtu.be/SVx7MTWlwuk


LO dijadikan alat oleh pemilik tambang ilegal yang ijinnya sudah expired atau tidak sah lagi, sebagai dasar untuk melakukan penambangan, padahal tentunya kejaksaan tahu jika tambang yang dikeluarkan LO adalah ilegal/tidak sah. Tentunya, keluarnya LO pada tambang ilegal menimbulkan tanda tanya besar bagi masyarakat, jika tak ada gratifikasi untuk apa dikeluarkan LO?  


Kate Lim juga menyebutkan bahwa MAKI sudah mengajukan aduan resmi ke Jaksa Agung namun aduan tersebut tidak pernah di tindak lanjuti. Minimnya perhatian kejaksaan terhadap kasus tambang ilegal menimbukkan kecurigaan dan membuat masyarakat makin tidak percayakepada kejaksaan. 


"Jaksa Agung yang diduga punya 3 identitas berbeda tahun lahir saja tidak di proses, bagaimana masyarakat percaya Kejaksaan bersih? Sulit rasanya jika pimpinan tertinggi kejaksaan agung saja memberikan contoh buruk. "


LO yang dimaksud adalah untuk tambang nikel di Sulawesi. "Nikel sangat berharga di jaman sekarang karena dipergunakan sebagai bahan baku untuk batere kendaraan listrik. Di masa depan nikel akan lebih berharga dari pada emas dan minyak. Bahkan, Elon Musk juga mencari nikel untuk pabrik batere kendaraan listrik," ujar Kate Lim. 


"Saya sebagai generasi masa depan kawatir,  dengan banyaknya penambangan ilegal akan rusak nya sumber daya alam,  dan mempengaruhi iklim di Indonesia. Apalagi tampaknya pemerintah tidak perduli atas dampak kerusakan yang terjadi. " kata Kate sambil menunjukkan cuplikan berita dimana boss tambang ilegal hanya di tuntut 1 bulan oleh kejaksaan.


Ketut Sumedana,  Kapuspenkum yang di hubungi oleh pihak media langsung memblokir nomer wa setelah dimintai tanggapan dan hak jawab atas video oknum jaksa tambang ilegal.(Red)