Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 14 Februari 2023, 6:12:00 PM WIB
Last Updated 2023-02-14T11:12:11Z
BERITA POLISINEWS

Edukasi Antisipasi Penculikan, Satlantas Polres Semarang Gelar Sosialisasi di SDN Sugihan 3 Tengaran

Advertisement


SALATIGA,MATALENSANEWS.com -  Merebaknya isu tentang penculikan anak  membuat sebagian orang tua di Jawa Tengah  resah. Pun tak terkecuali yang terjadi diwilayah Tengaran dan sekitarnya.  


Untuk mengurangi kecemasan para orang tua,  pihak SD Sugihan 3 mengandeng Satlantas Polres Semarang untuk melakukan edukasi antisipasi penculikan  disekolah  dengan peserta semua  siswa siswi  dan orang tua, Selasa 14 Februari 2023.


Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kanit Lantas Polsek  Tengaran, Polres Semarang  IPDA Mundakir  SH, yang dibantu oleh  Aiptu Joko Nurwasito SH., Banit Lantas Polsek Tengaran. 


Pantauan Rasika FM   dalam sosialisasi ini pihak Polres juga membawa serta badut Zebra agar anak sekolah merasa nyaman dan tidak takut.


Kepada wartawan,  Kanit Lantas Polsek  Tengaran, Polres Semarang  IPDA Mundakir  SH mengatakan, dari Polres Semarang melakukan  sosialisasi penculikan anak agar jangan sampai terjadi diwilayah Tengaran, “Sosialisasi dilakukan untuk mensikapi  munculnya  info di medsos yang masih gencar soal penculikan anak, bahkan ortu merasa resah,  terutama yang bersekolah  jauh dari pemukiman,” ujar Ipda Mudakir.


Mudakir menambahkan, saat ini  pihaknya kerap melakukan  sosialisasi, termasuk dalam hal tertib berlalu lintas, dilain pihak masyarakat diminta tenang, khusus kepada pihak  sekolah untuk waspada dan “open” dengan lingkungan sekitar,  misalnya  ada warga asing dilingkungan sekolah maka wajib ditanyakan identitas dan keperluan “kegiatan sosialisasi kesekolah ini sekaligus menindaklanjuti instruksi dari bapak Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra dan Kasatlantas AKP Dwi Himawan agar Polisi hadir di sekolah” ujar Mudakir.


Pihaknya berharap kedepan penculikan anak  tidak  terjadi di Tengaran.


Bagi Ihsan, salah satu orang tua siswa mengaku jika saat ini wajar ada  rasa takut dan khawatir  terutama saat jam kepulangan siswa tidak ada yang menjemput, apalagi bagi wilayah sekolah yang berada dipinggiran  “dulu kami khawatir akan adanya isu penculikan, namun sekarang Alhamdulillah ibu  kepala sekolah sudah  menyediakan mobil jembutan bagi siswanya” ujar orang tua siswa kelas 5 ini.


Disatu sisi dirinya mengaku senang karena dari pihak kepolisian mau memberikan materi dan pegertian soal antisipasi atau cara menghindari kasus penculikan.


“kami para orang tua bersyukur ada sosialisasi yang dilakukan oleh bapak Polisi sehingga  kami  lebih paham dan waspada” tambahnya.


Kepala SD Sugihan 3, Septina Ika Kadarsih, S.Pd., M.Pd berharap setelah adanya sosialisasi ini para orang tua tidak lagi khawatir dan menjadi tenang saat  munculnya isu penculikan anak. 


Ika menegaskan sebagai langkah antisipasi penculikan saat ini pihak sekolah sudah menyediakan mobil jemputan bagi siswa.