Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Rabu, 08 Februari 2023, 7:23:00 AM WIB
Last Updated 2023-02-08T00:23:11Z
BERITA PERISTIWANEWS

Kapal Compreng Tenggelam di Cilacap, 1 orang Belum Ditemukan

Advertisement


Cilacap,MATALENSANEWS.com- Kapal Compreng yang di gunakan untuk menjaring ikan di perairan Cilacap tenggelam terhantar ombak. 3 ABK selamat, 1 ABK tewas sedangkan 1 lainnya masih dalam pencarian. 


Kasi Humas Polresta Cilacap Iptu Gatot Tri Hartanto mengatakan sekitar pukul 08.00 WIB saat ABK selesai menarik jaring,  kapal dihantam gelombang sehingga mengakibatkan kapal terbalik pada hari Senin, 06 Februari 2023.


"Pada hari Senin  tanggal 6 Februari 2023 sekira pukul 08.00 Wib selesai narik jaring kapal di hantam gelombang dan mengakibatkan kapal terbalik posisi pada saat itu 07 49 00 BT 109 7 00 LS  korban 1,2,3,4 berpegangan life jaket setelah satu jam an. Miun meninggal dunia dan di ikat pakai tali akan tetapi lepas dan tenggelam

Sedangkan korban an.Mandra pada waktu kejadian langsung tenggelam." Ucap Gatot melalui keterangan tertulisnya Selasa 07 Februari 2023.


Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa selaku SMC (SAR Mission Coordinator), usai mendapatkan informasi adanya kecelakaan yang dialami kapal compreng GPRJ, pihaknya langsung memberangkatkan satu tim rescue menuju koordinat lokasi kejadian.


Berdasarkan informasi, pada Senin (6/2) sekitar pukul 03.00 WIB kapal tersebut pergi melaut dari pelabuhan PPSC untuk menjaring ikan di perairan Cilacap. Namun kapal tidak kunjung kembali ke pelabuhan PPSC hingga pukul 23.00 WIB, kapal seharusnya sudah kembali pada sore harinya.


Menerima informasi tersebut Tim SAR Gabungan langsung menuju ke koordinat lokasi kejadian dan meminta bantuan kepada Syahbandar PPSC untuk melakukan broadcast kepada kapal-kapal yang melintas di area tersebut.


"Pada pukul 10.00 WIB Tim SAR gabungan tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan penyisiran. Pada pukul 10.45 WIB saat melakukan penyisiran terlihat 3 orang sedang terapung-apung di serpihan kapal. Melihat hal tersebut tim SAR gabungan langsung mendekati dan mengevakuasi ketiga korban dalam keadaan selamat, selanjutnya korban dibawa menuju Pelabuhan PPSC," ujarnya.


"Pada pukul 12.05 WIB korban berhasil mendarat di Pelabuhan PPSC dan langsung dilarikan ke RSUD Cilacap untuk penanganan lebih lanjut, diketahui tiga korban selamat atas nama Daryono (45), Misnadi (42), dan Lung (52)," kata Adah.


Kemudian sekitar pukul 15.46 WIB, tim SAR menemukan korban atas nama Miun dengan kondisi meninggal dunia. Jenazah kemudian dibawa ke RSUD Cilacap.


"Korban ditemukan pukul 15.47 WIB dalam keadaan meninggal dunia, pada pukul 17.35 WIB tim SAR gabungan tiba di dermaga III PPSC dan selanjutnya dibawa ke RSUD," ujarnya.


Untuk korban Mandra masih dilakukan pencarian. Unsur SAR yang terlibat di antaranya Basarnas KPP Cilacap, Polairud Cilacap, Polsek Cilacap Selatan, HNSI, SAR Arnavat, relawan nelayan, dan masyarakat sekitar.(TRI