Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 20 Maret 2023, 5:35:00 PM WIB
Last Updated 2023-03-20T10:35:02Z
NEWSRegional

Bupati Taliabu Aliong Mus Hadiri Kegiatan Forum SPBE SUMMIT Tahun 2023

Advertisement


JAKARTA,MATALENSANEWS.com - Sebagai upaya penguatan arah kebijakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional sebagaimana arahan Bapak Presiden dalam sidang kabinet paripurna pada tanggal 2 Maret 2023. 


"Guna mendorong komitmen Pimpinan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap penerapan SPBE, serta untuk mendorong percepatan pelaksanaan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan, Kementerian PANRB akan mengadakan forum SPBE Summit 2023 yang mengusung tema “Sinergi untuk Indonesia Maju” dengan mengundang seluruh Pimpinan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah." kata Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus menghadiri kegiatan  Forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, (SPBE) Summit, di Hotel Kempinski Grand Ballroom Jakarta. Senin, 20/3/2023, sekira Pukul 09.00 WIB, sampai dengan selesai.


Dalam kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Tim Koordinasi Nasional. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.


"Akselerasi digital tidak akan sukses tanpa adanya kolaborasi secara komprehensif antar-instansi. kegiatan ini ,melibatkan seluruh pimpinan pusat dan kepala daerah agar memahami arah kebijakan SPBE sekaligus mendapat insight dari instansi pemerintah yang berhasil melaksanakan SPBE." Ujar Bupati.


Kata Bupati. Pada acara tersebut dihadiri lima menteri untuk menyampaikan arahan strategis dalam upaya percepatan SPBE dan prioritas program Presiden.


Diantaranya adalah Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas yang akan menyampaikan arah strategis SPBE Nasional; Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD; Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy; Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto; dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan.


Masing-masing Menko menyampaikan arahan strategis sesuai bidangnya yakni Polhukam, PMK, Perekonomian, dan Marves. Sementara untuk praktik baik SPBE akan disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur dan Bupati Banyuwangi.


"Pada puncak acara tersebut dilakukan pemberian anugerah Digital Government Award kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) dengan enam kategori penerapan SPBE terbaik. Adapun kategori tersebut yakni Kategori Penerapan Layanan SPBE IPPD; Kategori Pencapaian Indeks SPBE IPPD; Kategori Peningkatan Indeks SPBE IPPD; Kategori Pelaksanaan Tata Kelola SPBE IPPD; Kategori Penguatan Kebijakan SPBE IPPD; dan Kategori Penerapan Manajemen SPBE IPPD." jelasnya.


Lanjutnya. Pemberian anugerah tersebut menjadi bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap instansi pemerintah dengan nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik pada tahun 2021 dan 2022. Penganugerahan ini diharapkan juga dapat memberi wawasan contoh benchmark penerapan SPBE yang baik.


SPBE Summit 2023 juga menjadi kesempatan mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden No: 132/2022 tentang Arsitektur SPBE.


"Dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat (citizen centric) diharapkan segera terwujud. Selain itu, Tim Koordinasi SPBE diperkuat menjadi Digital Transformation Agent (DTA) guna memastikan manajemen perubahan dan operasional layanan digital." Ungkapnya.


Disamping itu, pemerintah juga mempertegas moratorium pembangunan aplikasi dan mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi. (Jek/Redaksi)