Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 18 Maret 2023, 11:23:00 PM WIB
Last Updated 2023-03-18T16:23:58Z
NEWSRegional

Dinas Komunikasi dan Informatika Gelar Sosialisasi Keberadaan, Pengamanan Sarana dan Prasarana Palapa Ring Tengah

Advertisement


BOBONG,MATALENSANEWS.com - Pemerintah Daerah ( Pemda) Kabupaten Pulau Taliabu yang mewakili Bupati Aliong Mus, adalah  Asisten II Ma'ruf, S.E, membuka acara kegiatan sosialisasi keberadaan dan pengamanan sarana dan prasarana Palapa Ring Tengah.


Pemda Pulau Taliabu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama PT LEN Telekomunikasi Indonesia melaksanakan kegiatan yang bertempat di Eks Aulah Kantor Bupati, Sabtu (18/3/2023).


Dalam agenda tersebut dilakukan pemberian plakat penghargaan oleh Direktur Bisnis dan Operasi LTI, Dirgantara Putra kepada bupati. 


"Selain itu, ada juga penyerahan sumbangan CSR dari PT LEN Telekomunikasi Indonesia, berupa peralatan sekolah kepada SD Inpres Bobong," Ujar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Husain Adam.


Pada kesempatan itu Direktur Bisnis dan Oprasional LTI, Dirgantara Putra, menuturkan terima kasih kepada Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus bersama jajaran atas memfasilitasi kegiatan sosialisasi Jaringan palapa ring tengah yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu, mempunyai jaringan berupa kabel optik bawah laut. 


"Kemudian ada terminal session yang ada di Bobong itu sudah beroperasi selama kurang lebih 5 Tahun." Kata dia


Ia menyampaikan, Proyek palapa ring tengah merupakan proyek strategis nasional kerjasama dengan Pemerintah dan Badan Usaha dalam hal ini Bakti Kominfo dengan PT LEN  Telekomunikasi Indonesia.


"Sistim komunikasi kabel bawah laut merupakan infrastruktur dalam ekosistem telekomunikasi dan informatika yang tetap terjaga dan pelihara sebagai tanggungjawab bersama," ucapnya.


Lanjutnya. Dalam pengoperasian sering mendapat kendala ganguan yang timbul sehingga mengakibatkan putusnya kabel bahwa laut diakibatkan gempa bumi, jangkar dari rumpon, sehingga diharapkan bagi masyarakat pemilik rumpon untuk menjaga bersama aktifitas rumpon ini dijalur kabel optik itu.


Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimda, Rombongan perwakilan PT LEN Telekomunikasi Indonesia, Kepala Perangkat Daerah, Para Camat beserta Kepala Desa terkait, dan masyarakat pemilik rumpon. ( Jek/Redaksi)