Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 31 Maret 2023, 4:03:00 PM WIB
Last Updated 2023-03-31T09:03:23Z
NEWS

Rehabilitasi Los Niki Manteb Diduga Proyek Siluman Tanpa Papan Nama, Abaikan UU KIP

Advertisement


SALATIGA | MATALENSANEWS.COM - Pekerjaan proyek pembangunan rehabilitasi Los Niki Manteb yang berada di jalan Jendral Sudirman Salatiga menjadi perhatian dan sorotan khusus dari berbagai pihak. Salah satunya LMPI Kota Salatiga.


"Ini diduga proyek siluman ya, masak pekerjaan proyek sudah berjalan, namun tanpa adanya papan nama proyek yang dipasang serta tidak ada K3 nya,"kata Ketua LMPI Kota Salatiga Arief Satriasmoro kepada wartawan, Jumat (31/3/2023).


Arief mengungkapkan bahwa tidak dipasangnya papan  nama diduga pihak pelaksana kerja menyembunyikan informasi terhadap masyarakat.


Pasalnya pekerjaan tersebut yang sudah berjalan kurang lebih 7 hari tidak di sertai papan informasi proyek. 


Pemasangan papan nama informasi proyek adalah implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan. 


"Menurut Amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan,"jelas Arief.


Arief menambahkan, pihaknya akan turun mengawal berjalannya proyek tersebut."Jika pengerjaannya tidak sesuai gambar kerja dan mutunya dikurangi akan kami laporkan,"tandasnya.