Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Kamis, 16 Maret 2023, 6:45:00 PM WIB
Last Updated 2023-03-16T11:45:28Z
BERITA UMUMNEWS

Wajib Tahu! Apalagi Bagi Pemudik, Toilet di SPBU Bayar atau Gratis

Advertisement

Foto : ilustrasi SPBU Tanduk Kabupaten Boyolali

MATALENSANEWS.com-
Masih sering dijumpai di beberapa SPBU atau pom bensin ada petugas menunggu di depan toilet.Lalu apa penggunaan toilet di SPBU itu bayar atau gratis..?


Berita toilet SPBU yang menarik bayaran bikin geger tahun 2021 lalu dan akhirnya diketahui langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.


Setelah beritanya viral, pada bulan November 2021 silam, Erick Thohir akhirnya resmi menerapkan kebijakan bahwa toilet di SPBU wajib gratis.


Pengelola SPBU dilarang menarik biaya kebersihan toilet pada pengguna SPBU.


Setelah adanya temuan toilet berbayar di SPBU, Erick Thohir menerbitkan Surat Edaran Nomor SE-16/MBU/11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN.


Menteri yang juga mantan pemilik klub sepakbola Inter Milan ini menegaskan bahwa toilet merupakan bagian dari fasilitas SPBU. 


Pemeliharaan kebersihan adalah tanggung jawab pihak pengelola SPBU.


Tidak boleh dibebankan kepada pengguna toilet (pemotor atau pengemudi mobil) yang akan menggunakan fasilitas di SPBU tersebut.


Larangan tegas Erick Thohir soal toilet berbayar di SPBU ini karena pihak pengelola sudah mendapat keuntungan dari penjualan BBM.


"Saya cuma melihat ya prihatin. Karena kan kalau berbayar itu apalagi ini fasilitas umum yang sudah layaknya gratis ini membebani tukang ojek, tukang taksi, pedagang kecil, yang memang pendapatannya kan terbatas," ujar Eric Thohir dikutip dari akun Twitternya @erickthohir pada 24 November 2021 silam.  



Saat mudik naik motor atau mobil, biasanya para pemudik sering mampir di SPBU.Bukan hanya untuk isi bensin atau beristirahat tapi juga mampir untuk sekedar ke toilet di SPBU.


Sebelum viral, petugas yang duduk di depan toilet SPBU menarik bayaran Rp 2.000.


Tapi sekarang pemotor yang akan mudik lebaran Idul Fitri bisa bebas menggunakan toilet di SPBU karena gratis.Tidak boleh ada yang meminta bayaran karena Menteri BUMN sudah mengeluarkan aturan secara resmi.


Selain toilet, di SPBU atau pom bensin biasanya tersedia fasilitas umum lain seperti Musholla atau mini market.


"Nah sekarang jadi tahu kalau fasilitas toilet di SPBU itu gratis."Pemotor jadi lega saat mau mudik Lebaran ke kampung halaman.(Redaksi)