Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 25 Maret 2023, 6:29:00 PM WIB
Last Updated 2023-03-25T12:26:34Z
NEWSRegional

Warga Sambiroto Padati Bazar Dibulan Ramadhan

Advertisement


SEMARANG,MATALENSANEWS.com-Bulan puasa merupakan bulan penuh berkah karena tak hanya pahala berlipat di bulan ini namun disaat Ramadhan juga membuka peluang bisnis bagi masyarakat terutama usah mikro kecil menengah (UMKM).


Para UMKM bisa berjualan takjil, baju muslim, dan lain sebagainya yang membawa berkah tersendiri karena tak sedikit bermunculan usaha dadakan di bulan puasa.


Biasanya usaha dadakan ini menjual aneka panganan maupun minuman untuk sajian buka puasa.


Untuk memberikan peluang bagi UMKM maupun pelaku usaha dadakan ini, digelar bazar oleh warga sambiroto khususnya warga Perum Korpri Sambiroto RW.08 Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Semarang Jawatengah, Sabtu (25/3/23).


"Semua warga berbondong bondong menuju pertigaan di perumahan tersebut guna mengunjungi bazar yang di adakan RW setempat."


Pelaku UMKM maupun warga bisa ikut ambil bagian dalama kegiatan bazar ini.


"Kami mendukung adanya kegiatan Bazar Ramadhan. Karena kegiatan ini bisa ikut mendukung pelaku UMKM serta diharapkan dapat memunculkan pelaku usaha baru yang secara tidak langsung juga ikut mendukung kemandirian ekonomi," kata ketua RT.14 RW.08 Andi. 



Ia mengatakan, saat bulan Ramadhan banyak muncul pelaku usaha dadakan yang berjualan berbagai macam takjil untuk berbuka puasa.


Hingga tak sedikit dari mereka berjualan di pinggir-pinggir jalan.


"Adanya kegiatan bazar yang digelar di tempat lapang seperti ini, kami tentu mendukung karena warga juga lebih nyaman untuk membeli takjil dan sebagainya, serta pastinya keramaian ini tak mengganggu arus lalu lintas yang kerap macet disaat jelang buka puasa. Jadi kami sangat mengapresiasi kegiaatan positif ini, kami meberikan apresiasi yang luar biasa," katanya.


Menurutnya, kegiatan bazar Ramadhan ini sekaligus bisa menjadi ajang silaturahmai antar sesama warga.


Salahsatu peserta bazar Dewi sempat saat di wawancarai mengatakan,"dalam bazar ini saya jualan menu minuman jadul yang melegenda yaitu es teler. Pokoknya siapa yang minum es teler kami di jamin teler dan nambah beli lagi mas" Candanya.


Fitri, salah satu warga RW.08 mengaku senang dengan adanya kegiatan bazar ini."Kita ngga perlu jauh-jauh untuk membeli takjil dan lain-lain untuk buka puasa. Disini juga kita bisa ketemu dengan warga lain, bisa silaturahmi biar makin dekat," katanya.


Bazar Ramadhan ini tak hanya ditunjukkan untuk warga sekitar saja tapi warga lainnya termasuk warga di luar wilayah.


Pada bazar Ramadhan ini terdapat stand-stand yang menjual takjil seperti bubur sunsum, kolak, puding, pempek, aneka jajanan pasar hingga makanan berat seperti gado-gado, mie goreng, bahkan ada juga penjual pakaian muslim serta kebutuhan rumah tangga.(Djoko S)