Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



 


 


src="https://jsc.mgid.com/m/a/matalensanews.com.1538513.js" async>
Minggu, 23 April 2023, 4:43:00 PM WIB
Last Updated 2023-04-23T09:43:04Z
NEWSRegional

Idul Fitri Menjadi Momen Haru Tahanan Berlebaran di Rutan Polres Salatiga

Advertisement


Salatiga,MATALENSANEWS.com - Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang ditunggu oleh seluruh umat muslim, tak terkecuali para tahanan yang berada di Rutan Polres Salatiga. Atas dasar kemanusiaan dan empati, Kapolres Salatiga memberikan kesempatan bagi para tahanan untuk dikunjungi keluarganya. Minggu, 23/04/2023. 


Karena adanya Pandemi Covid 19 selama dua tahun lebih, dan mulai meningkat lagi akhir-akhir ini serta untuk mengantisipasi penularan virus Covid 19, ada aturan pembatasan bezuk tahanan termasuk di Polres Salatiga. Namun ada yang berbeda pada Lebaran hari kedua Minggu, 23 April 2023 ini, terlihat belasan orang datang ke ruang tahanan Mapolres Salatiga untuk mengunjungi saudaranya yang sedang menjalani masa tahanan di Polres Salatiga. 


Kasi Humas Polres Salatiga Polda Jateng, Iptu Henri Widyoriani, S.H menyampaikan bahwa pada saat ini, Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan SIK memberikan izin kepada keluarga tahanan untuk mengunjungi keluarganya yang berada di Rutan Polres Salatiga, masing-masing selama 10 menit bergantian.  


Hal tersebut dilakukan karena rasa kemanusiaan dan empati Kapolres Salatiga mengingat momen Lebaran adalah saat yang dinantikan untuk berkumpul dengan keluarga, namun karena harus mempertanggung jawabkan perbuatannya sehingga para tahanan ini hanya bisa merayakan Idul Fitri di ruang tahanan. Oleh karena itu, Kapolres Salatiga memberikan kesempatan kepada keluarga para tahanan untuk berkunjung dan silaturahmi di hari Lebaran ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 


"Kegiatan berkunjung di Rutan Polres Salatiga ini dengan diawasi oleh Propam Polres Salatiga dan Sat Tahti. Sebelum memasuki ruang tahanan, para keluarga yang berkunjung telah diperiksa barang bawaannya, jangan sampai membawa sesuatu yang dilarang untuk dibawa masuk ataupun sesuatu yang menimbulkan bahaya", ucap Kasi Humas. 


Dihubungi terpisah, Kapolres Salatiga Polda Jateng menyampaikan bahwa "Silakan dimanfaatkan kesempatan ini untuk bersilaturahmi dengan keluarganya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jadikan momen ini sebagai pembelajaran agar tidak terulang lagi tindak pidana yang dilakukan oleh para tahanan, yang tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga orang lain, termasuk keluarga. Lebaran yang seharusnya dirayakan dengan seluruh keluarga besar, namun harus tetap berada di Rutan Polres Salatiga untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," ucap Kapolres. 


"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Mohon maaf lahir dan batin." Tutup AKBP Feria. 


(Hum/Red)