Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 11 April 2023, 3:13:00 AM WIB
Last Updated 2023-04-10T20:13:09Z
BERITA UMUMNEWS

Ingat! Pembatasan Solar Subsidi Sudah Berlaku 100%

Advertisement


Jakarta,MATALENSANEWS.com-PT Pertamina (Persero) memastikan pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar subsidi sudah dilakukan. Dengan demikian, pemilik kendaraan yang ingin membeli solar subsidi wajib menggunakan aplikasi MyPertamina.


Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan untuk BBM jenis Solar pihaknya telah melakukan uji coba full cycle yakni penerapan program subsidi tepat secara menyeluruh. Artinya untuk BBM jenis ini sudah 100% menggunakan QR Code.


"Untuk solar yang sudah terdaftar 6,1 juta kendaraan (di aplikasi MyPertamina). Sehingga kita sudah bisa memonitor pola pergerakan," kata dia dalam acara Energy Corner CNBC Indonesia, Senin (10/4/2023).


Sementara itu, untuk pembatasan pembelian BBM jenis Pertalite hingga kini masih belum diberlakukan. Menurut Mars untuk Pertalite sendiri, pihaknya akan tetap mengikuti ketentuan dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) yakni berupa pengaturan di lapangan.


Mengingat aturan untuk mengimplementasikan pembatasan BBM jenis Pertalite di lapangan belum ada. Aturan pembatasan BBM jenis Pertalite sejatinya bakal tertuang dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) termasuk juga petunjuk teknis pembelian BBM bersubsidi dan penugasan.


"Untuk Pertalite belum memang kebutuhan Pertalite ini kendaraanya jumlahnya 3 kali lipat dibanding Solar. Nanti kita akan bertahap ke Pertalite namun sampai lebaran ini baru kita selesaikan yang solar," kata dia.


Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan revisi Perpres 191 tahun 2014 hingga kini masih berproses. Oleh sebab itu, dirinya belum dapat memastikan kapan aturan tersebut dapat diterbitkan.


Namun demikian, merespon proyeksi penjualan Pertalite yang akan melonjak saat periode Ramadhan dan Idul Fitri 2023, pemerintah bakal memastikan kebutuhan BBM jenis Pertalite untuk masyarakat tercukupi.


"(Revisi Perpres) masih dalam proses. Stok Pertalite (jelang Ramadan dan Idul Fitri) akan kita cukupkan ya," ujarnya singkat saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Selasa (21/2/2023).