Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 04 April 2023, 1:52:00 PM WIB
Last Updated 2023-04-04T06:52:09Z
BERITA TNINEWS

Kunjungan Kerja di Sukoharjo, Danrem 074/WRT Kunjungi Demplot Peduli Stunting Kodim 0726/Sukoharjo

Advertisement


Sukoharjo,MATALENSANEWS.com-Kolonel Inf Anan Nurakhman, S.I.P (Danrem 074/Warastratama) melaksanakan kunjungan kerja di Demplot peduli Stunting Kodim 0726/Sukoharjo di Balai Desa Mranggen Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (04/04/23).


Didampingi Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E., Komandan Korem 074/Warastratama beserta rombongan tiba di Balai Desa Mranggen Kec. Polokarto Kab. Sukoharjo disambut oleh Danramil 11 Polokarto dan Perwira Staf Kodim 0726/Skh, bapak Heri Mulyadi, S.E (Camat Polokarto), bapak Machmud Lutfi Huzain, S.T (Komisaris PT Algaepark Indonesia Mandiri), AKP Susanto, S.H (Kapolsek Polokarto), bapak Darmadi (Kepala Desa Mranggen), dr. Tri Tutik Rahayu, M.Ks.,M.Kes (Kepala DKK Kab. Sukoharjo) dan dr. Novia Dwi Enarwati (Kepala UPTD Puskesmas Polokarto).


Dalam sambutannya Dandim 0726/Sukoharjo melaporkan kepada Danrem 074/Wrt bahwasannya Kodim 0726/Sukoharjo menyelenggarakan kegiatan Demplot Stunting untuk Membantu Program Pemerintah Daerah di Kab. Sukoharjo, dalam rangka mempercepat Penanganan Penurunan Angka Stunting serta pengawasan Ibu Hamil di wilayah Kab. Sukoharjo.


Data angka kategori Balita yang pertumbuhannya terhambat/kurang di wilayah Desa Mranggen Kec. Polokarto, pada saat dimulainya kegiatan Demplot Stunting oleh Kodim 0726/Sukoharjo bersama PT. Dua Naga,  pada bulan Januari 2023, berjumlah Balita pertumbuhan 100 orang dan Ibu Hamil 51 orang.


"Bekerja sama dengan PT. Dua Naga, Babinsa, Babinkamtibmas, Bidan Desa aktif turun di lapangan, hasilnya dalam kurun waktu kurang lebih 1,5 bulan, dimana setiap 2 minggu sekali diadakan kegiatan penimbangan berat badan dan tinggi badan anak selama 2 bulan dapat memberikan hasil perubahan yang sangat baik," terang Dandim Sukoharjo.


Diantaranya 29 Balita berat badannya naik, 7 Balita berat badannya turun karna sakit, 61 Balita berat badannya tetap.


Sedangkan di kegiatan penimbangan pada 2 minggu berikutnya di bulan Maret hasilnya tambah baik, yaitu 88 Balita berat badan naik, 12 Balita berat badan tetap dan 49 balita tinggi badan naik.


"Perubahan ini semua karena adanya bantuan makanan tambahan dan vitamin balita serta pengawasan ibu hamil yang di laksanakan Kodim 0726/Sukoharjo dengan baik," lanjut Dandim.


Secara garis besar, kegiatan Demplot Stunting Kodim 0726/Sukoharjo bersama PT. Dua Naga merupakan bentuk kepedulian dan Komitmen bersama antara TNI/Polri dan Pemerintah Daerah untuk mempercepat penanganan penurunan angka stunting di wilayah Kabupaten Sukoharjo.


Fokus utama pada saat sosialisasi dan kegiatan Posyandu Balita dan Ibu Hamil untuk menunjang kesusksesan penurunan stunting juga dilaksanakan,  diantaranya menghimbau agar ibu-ibu Menjaga pola makan anak yang bergizi, seimbang, dan beragam sesuai dengan usia anak. 


Mengedukasi semua pihak yang terlibat dalam hal pola asuh anak yang dimulai dari sejak hamil hingga bayi lahir serta erta memperhatikan kualitas sanitasi, akses air bersih, serta akses pelayanan kesehatannya.


"Dengan adanya sosialisasi yang intensif, harapannya kita dapat bersama-sama mewujudkan dan melaksanakan strategi nasional penanganan stunting yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat sehingga target penurunan stunting dapat tercapai," pungkas Dandim Sukoharjo.


Sementara itu Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman, S.I.P menyampaikan bahwa dengan adanya penemuan pemberian vitamin dari Alga ini merupakan booster yang sangat bagus untuk menurunkan stunting, terbukti dari adanya kenaikan yang signifikan baik bobot maupun tinggi balita setelah mengkonsumsinya.


"Disini kita bersinergi bersama dalam mengatasi stunting ini baik Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Bidan desa sehingga pemantauan mudah dan selalu didampingi dengan memberikan booster Alga ini secara kontiyu dan periodik, hasilnya sudah cukup memuaskan," ungkap Danrem.


"Setelah saya tanyakan dari jajaran Dinkes maupun Puskesmas, bahwa Alga ini belum duji cobakan di daerah-daerah lain, harapannya di Sukoharjo ini bisa menjadi pilot project untuk daerah-daerah yang lain," terang Danrem 074/WRT.


Dalam kesempatan tersebut Kolonel Inf Anan Nurakhman, S.I.P (Danrem 074/Wrt) berkesempatan memberikan vitamin Neo Algae kepada perwakilan balita Stunting dan pemberian bantuan berupa paket sembako kepada ibu Hamil


(Agus Kemplu)