Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Rabu, 05 April 2023, 12:12:00 AM WIB
Last Updated 2023-04-04T17:12:08Z
BERITA UMUMNEWS

Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin Dan Rombongan Melakukan Kunjungan Di Jateng dan Berikan Bantuan Warga Kangkung Mranggen Demak

Advertisement


DEMAK,MATALENSANEWS.com– Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wuri Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Jawa Tengah beserta ibu Siti Atiqoh Ganjar Pranowo dan rombongan pada akhir kegiatan kunjungan di Jateng (4/4/2023).


Dalam Kunjungan KH. Ma’ruf Amin bersama rombongan di lokasi Desa Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak disambut langsung oleh Camat Mranggen Wiwin Edi Widodo yang didampingi Kepala Desa kangkung Kamsari , Ma'ruf Amin mengecek program penurunan angka kemiskinan ekstrem, di provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo.


Di desa itu, Ma’ruf Amin senang karena program penurunan kemiskinan ekstrem telah berjalan dan hasilnya sesuai harapan.


Hal itu terlihat saat Ma’ruf yang didampingi istri berdialog dengan Camat Mranggen, Wiwin Edi Widodo. Dalam kesempatan itu, Wiwin menerangkan kondisi kemiskinan ekstrem di kecamatan tersebut, cara intervensinya dan juga hasilnya seperti apa.


“Kami ini masuk sebagai salah satu daerah dengan kemiskinan ekstrem. Di wilayah kami, ada 1.698 kepala keluarga yang masuk kategori miskin ekstrem, termasuk di Desa Kangkung ini,” terang Wiwin.


Ditambahkan, awalnya kecamatan melakukan pendataan siapa saja warganya yang masuk kategori miskin ekstrem , Setelah itu, intervensi dilakukan dengan bekerja sama antara pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional.


“Karena seperti pesan Pak Ganjar Pranowo, mengatasi kemiskinan itu harus dikeroyok bersama-sama dan Alhamdulillah, dengan semangat itu, kemiskinan ekstrem turun drastis Di Desa Kangkung ini saja, hanya tinggal 30 persen,” terangnya.


Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin penasaran intervensi apa yang dilakukan sehingga kemiskinan bisa turun 70 % ?


Lalu Camat Mranggen Wiwin menerangkan, pihaknya melakukan pemberdayaan UMKM, keterampilan, dan lainnnya yang dapat menghasilkan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat.


“Selain itu, kami juga berikan akses permodalan dan bantuan pemasaran bagi warga agar mereka bisa mandiri dan hasilnya luar biasa memberikan perubahan bagi ekonomi masyarakat,” terangnya.


Wapres tampak puas mendengar penjelasan dari Wiwin. 


Ia pun terlihat mengacungkan jempol sebagai tanda apresiasi atau tanda puas, karena rogram penurunan angka kemiskinan ekstrem bisa dijalankan dengan baik di Jateng.


Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mendampingi kunjungan kerja Ma’ruf Amin mengatakan, pihaknya sangat serius dalam penanganan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah. Sejumlah program baik program pusat maupun daerah, digabungkan agar progresnya bisa lebih cepat.


“Setiap minggu kami evaluasi. Beberapa daerah yang masuk kategori miskin ekstrem, kami dorong agar melakukan percepatan. 


Mereka akan dorong serta  melakukan pendataan, berapa RTLH, jamban, air, listrik, akses pekerjaan atau difabilitas yang ada. 


Siapa yang sudah dapat bantuan, siapa yang belum, dan siapa yang harus dijamin negara tiap bulannya,” katanya.


Menurut Ganjar, pendataan itu sudah berjalan 100%.


Saat ini, intervensi juga sudah dilakukan, hanya tinggal percepatan, ia berharap  penurunan angka kemiskinan ekstrem dapat terwujud tiga bulan ke depan.


“Memang kendalanya ya sumber anggaran yang terbatas, Tapi kita tidak boleh putus asa, masih ada Baznas, CSR dan filantropfi yang bisa kami optimalkan untuk melakukan percepatan , Kami genjot agar program ini selesai sesuai target yang ditetapkan Pak Wapres, yakni 2024,”


Sebelum Bertolak dari Desa Kangkung , Wapres Ma'ruf Amin yang didampingi Gubernur Ganjar Pranowo secara simbolis memberikan Bantuan Kepada Perwakilan Masyarakat Desa Kangkung, dan sebelum pamit Ganjar Pranowo sempat foto bersama dengan warga.



Kontributor : Farid Hidayatullah