Indonesia Menang 5-2 dan Raih Emas SEA Games 2023 -->

Header Menu

 


 


 


 


 


 


Indonesia Menang 5-2 dan Raih Emas SEA Games 2023

Rabu, 17 Mei 2023


Phnom Penh,MATALENSANEWS.com – Timnas Indonesia U-22 mengakhiri puasa gelar dengan menjuarai sepakbola SEA Games 2023. Tim asuhan Indra Sjafri menang 5-2 atas Thailand di laga final.


Timnas U-22 dan Thailand memulai laga dengan hati-hati di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Kedua tim bermain rapat sehingga harus membangun serangan dengan sabar.


Pada laga ini Indonesia berhasil membuka keunggulan 1-0, lewat tandukan Ramadhan Sananta pada menit ke-20 usai meneruskan umpan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga.


Gol ini bermula dari lemparan ke dalam yang dilakukan Alfeandra Dewangga dari sisi kanan area penyerangan. Dewangga melakukan lemparan jarak jauh ke kotak penalti yang mampu disundul Sananta.


Bola yang disundul Sananta mengarah ke gawang Thailand lalu mengenai bagian paha bek Gajah Perang, Songchai Thongcham yang masuk ke gawang sendiri.


Penyerang asal PSM Makassar Ramadhan Sananta menjadi bintang kemenangan Indonesia berkat dua gol yang dicetak pada menit ke-20 dan menit ke-48 babak pertama. Kemudian tiga gol lainnya dicetak bomber Irfan Jauhari ketika menit awal babak pertama perpanjangan waktu, Fajar Fathur Rahman pada menit ke-107 babak kedua perpanjangan waktu, dan Beckham Putra pada menit terakhir pertandingan.


Sedangkan gol balasan Thailand dicetak Anan Yodsangwal pada menit ke-64 dan Yogsakon pada menit 90+8 babak kedua.


Laga yang dipimpin wasit Matar Ali Al Hatmi itu, sempat diwarnai baku hantam antara pemain dan ofisial kedua tim ketika babak perpanjangan waktu. Imbasnya, sang wasit memberikan kartu merah kepada bek Indonesia Komang Teguh dan kiper Thailand Soponwit. Sejumlah ofisial dari kedua tim juga diberikan kartu merah.


Ini merupakan medali emas pertama Indonesia dari cabang olahraga. Terakhir kali, Indonesia meraih medali emas cabor favorit itu pada SEA Games 1991 Filipina.


Ketika itu, laga Indonesia kontra Thailand di partai puncak berakhir dengan skor sama kuat 0-0 di waktu normal. Skuad Garuda yang dibela nama-nama legendaris seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray lantas bisa menaklukkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.(TRI)