Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Rabu, 28 Juni 2023, 1:44:00 PM WIB
Last Updated 2023-06-28T06:44:58Z
BERITA UMUMNEWS

Ali Maskun Minta Perbedaan Tanggal Hari Raya Idul Adha Tak Dibesar-Besarkan

Advertisement


Demak|MATALENSANEWS.com-Ketua (MPKT) Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Demak Muhammad Ali Maskun.SH.MH saat memimpin jalannya Rapat Persiapan Idul adha di Masjid Besar Al Ikhlas Bumi wonosalam Asri memberikan ucapan selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 M kepada warga Muhammadiyah di kota wali yang merayakan pada Rabu 28 Juni 2023. Dalam kesempatan itu, Ali Maskun menyampaikan bahwa Masjid Besar Al Ikhlas Bumi Wonosalam Asri akan menyelenggarakan sholat ied pada hari Kamis 29 Juni 2023 mengikuti keputusan Pemerintah.


 Disamping itu, Ali Maskun juga mengajak agar perayaan Idul Adha 1444 Hijriah ini dapat  dimaknai dalam konteks tasamuh yakni toleransi dan ukhuwah islamiyah atau persaudaraan islam.


“Perayaan Idul Adha ini harus dimaknai dalam konteks tasamuh (toleransi) dan ukhuwah islamiyah (persaudaraan Islam),” kata Ali Maskun dalam keterangannya, Selasa malam.


Ali Maskun juga menilai bahwa perbedaan hari raya Idul Adha 1444 H merupakan hal yang lumrah dan sudah sering terjadi di Indonesia. Ali Maskun meminta agar perbedaan hari raya Idul Adha di tahun 2023 tak perlu dibesar-besarkan.


"Sejalan dengan itu, perayaan idul Adha harus didasari atas sikap toleransi dan persaudaraan. Persaudaraan di antara sesama umat Islam sangat diperlukan dalam membangun peradaban yang lebih baik. Umat Islam di Kabupaten Demak harus mampu bersaing dan berdiri sejajar dengan umat Islam daerah lain,” jelas Ali Maskun.


Aktifis Muda Nahdlatul Ulama Kota Demak ini turut mengapresiasi keputusan pemerintah menetapkan cuti bersama ditetapkan dari tanggal 28-30 Juni 2023. 


Ali Maskun menilai hal itu merupakan  keputusan yang sangat baik lantaran seluruh komponen masyarakat dapat merayakan idul Adha sesuai dengan keyakinan dan perhitungannya masing-masing. 


Keputusan ini sekaligus menunjukkan bahwa pemerintah sangat menghargai perbedaan yang ada di masyarakat. Sikap pemerintah ini harus dipertahankan ke depan. Ini adalah teladan yang perlu dicontoh oleh seluruh masyarakat,” pungkas Ali Maskun. 


Kontributor: FH/Rendy