Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Minggu, 25 Juni 2023, 3:18:00 PM WIB
Last Updated 2023-06-25T08:18:24Z
NEWSSejarah dan Budaya

SEJARAH Kabupaten BLORA! Pesona Alam, Sejarah Panjang, dan Daftar Nama Bupati

Advertisement


BLORA|MATALENSANEWS.com-Kabupaten Blora, merupakan kabupaten yang terletak di wilayah paling timur Jawa Tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur.


Dengan luas wilayah 1.821,59 km², Kabupaten Blora memiliki keindahan geografis yang memukau, terdiri dari dataran tinggi yang dihiasi oleh pegunungan, serta dataran rendah yang subur.


Selain pesona alamnya, Kabupaten Blora juga memiliki sejarah panjang yang tercermin dalam daftar nama-nama Bupati yang pernah memimpin daerah ini.


Sejarah kepemimpinan Kabupaten Blora dimulai sejak masa Tumenggung Wilatikta, yang menjadi salah satu tokoh terkemuka di wilayah ini.


Seiring berjalannya waktu, Kabupaten Blora telah melalui berbagai periode kepemimpinan yang membawa perubahan dan kemajuan bagi masyarakatnya. 


Dalam perjalanan sejarahnya, Kabupaten Blora terus mengembangkan potensi wilayahnya, baik dalam sektor pertanian, perdagangan, maupun industri lainnya.


Selain itu, jumlah penduduk mencapai 888.224 jiwa, Kabupaten Blora menjadi pusat kehidupan masyarakat yang beragam profesi, mulai dari petani, pedagang, pengusaha, hingga pegawai negeri dan profesi lainnya.


Mari kita telusuri lebih dalam mengenai daftar nama-nama Bupati Blora sejak masa Tumenggung Wilatikta hingga Arief Rohman, yang menjadi bagian penting dari perjalanan Kabupaten Blora dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya.


Kabupaten Blora memiliki luas wilayah sebesar 1.821,59 KM dan terdiri dari 16 Kecamatan, 24 Kelurahan, dan 271 Desa. Beberapa informasi yang menarik adalah sebagai berikut:


1. Kecamatan Banjarejo memiliki 20 Desa.


2. Kecamatan Blora memiliki 16 Desa dan 12 Kelurahan.


3. Kecamatan Bogorejo memiliki 14 Desa.


4. Kecamatan Cepu memiliki 11 Desa dan 6 Kelurahan.


5. Kecamatan Japah memiliki 18 Desa.


6. Kecamatan Jati memiliki 12 Desa.


7. Kecamatan Jepon memiliki 24 Desa dan 1 Kelurahan.


8. Kecamatan Jiken memiliki 11 Desa.


9. Kecamatan Kedungtuban memiliki 17 Desa.


10. Kecamatan Kradenan memiliki 10 Desa.


11. Kecamatan Kunduran memiliki 25 Desa dan 1 Kelurahan.


12. Kecamatan Ngawen memiliki 27 Desa dan 2 Kelurahan.


13. Kecamatan Randublatung memiliki 16 Desa dan 2 Kelurahan.


14. Kecamatan Sambong memiliki 10 Desa.


15. Kecamatan Todanan memiliki 25 Desa.


16. Kecamatan Tunjungan memiliki 15 Desa.


Batas-batas Kabupaten Blora adalah sebagai berikut:


Sebelah utara: Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang.

Sebelah timur: Kabupaten Bojonegoro (Jawa Timur).

Sebelah selatan: Kabupaten Ngawi (Jawa Timur).

Sebelah barat: Kabupaten Grobogan.


Kabupaten Blora memiliki kondisi geografis yang terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tingginya merupakan pegunungan, di mana mayoritas penduduk yang tinggal di daerah tersebut bekerja sebagai petani atau berkebun.


Namun, di wilayah dataran rendah, mata pencaharian penduduk sangat bervariasi, mulai dari pengusaha, pedagang, swasta, TNI, POLRI, dan berbagai profesi lainnya.


Berdasarkan sensus penduduk tahun 2022, jumlah penduduk Kabupaten Blora mencapai 888.224 jiwa, dengan kepadatan penduduk rata-rata sebesar 487 jiwa per km².(Er Angga/ S Boyong)