Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



 


 


src="https://jsc.mgid.com/m/a/matalensanews.com.1538513.js" async>
Kamis, 13 Juli 2023, 8:23:00 PM WIB
Last Updated 2023-07-13T13:23:45Z
BERITA UMUMNEWS

Pemkab Taliabu Melalui Dinsos Salurkan Bantuan Dampak Puting Beliung

Advertisement


TALIABU|MATALENSANEWS.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Maluku Utara, melalui Dinas Sosial, menyalurkan bantuan logistik Tanggap Darurat, bagi warga yang terdampak angin puting beliung, bertempat di Desa Bapenu, Kecamatan Taliabu Selatan. pada Kamis, 13 Juli 2023.


Hadir dalam pembagian bantuan logistik Tanggap Darurat tersebut diantaranya Staf Ahli Bupati Pulau Taliabu, Kepolisian, Danramil Bobong, Kejaksaan Negeri Pulau Taliabu, Inspektorat, Kepala Dinas Sosial La Utu Ahmadi.


Dalam sambutan pembukaan penyerahan bantuan logistik Tanggap Darurat, sejak kejadian pihaknya telah menerima perintah dari Bupati. 


Namun, karena kondisi cuaca saat itu tidak bersahabat. Maka bantuan baru bisa disalurkan saat ini.


Sebenarnya sejak kejadian, Dinsos dan BPBD itu telah diperintahkan. tetapi terhambat dengan cuaca dan gelombang saat itu, maka semua Longboad maupun Spead boat tidak ada yang bersedia,” katanya.



Dan bantuan logistik ini, merupakan bentuk perhatian pemda terhadap masyarakat. Walaupun yang saat ini baru berupakan makanan dan tempat tidur serta kebutuhan lainnya.


”Jadi jangan lihat yang diberikan, tetapi langkah pemerintah untuk mengetahui kondisi warganya,” cetusnya.


Bahkan, dirinya mengaku kalau sesuai data yang baru diterima ternyata ada penambahan rumah yang rusak sedang. Dimana, awalnya hanya berjumlah 21 unit rumah untuk desa Bapenu.


Ternyata, media telah mempublikasi kondisi itu, tetapi jelang beberapa jam data terbaru dari Galebo masuk sebanyak 10 unit rumah. Hingga, pembuatan SK kerusakan sebanyak 31 rumah. 


Saat tim turun kelokasi menjadi 34 unit rumah yang mengalami kerusakan, diantaranya 2 unit rumah dikategori rusak berat dan sisanya rusak sedang dan ringan. Tetapi, setelah pembagian masih ada penambahan 2 unit rumah. hingga total menjadi 36 unit rumah.


”Untuk yang mereka belum mendapat bantuan secara utuh seperti awal tadi. Nanti akan disusul lagi, karena stok barang baru akan tiba jumat 14 Juli 2023,” jelasnya.



Sementara itu, Staf Ahli Bupati Pulau Taliabu, Atma, S.Hut, MM, mewakili Bupati Pulau Taliabu, menyampaikan permohonan maaf, karena masih menghadiri kegiatan diluar daerah. 


Dan telah menugaskan kami untuk menyerahkan bantuan kepada warga yang kena dampat angin puting beliung.


Dirinya, juga mengaku bahwa bantuan tanggap darurat ini, masih berupa makanan dan sandang. 


Sedangkan, untuk bantuan lainnya berupa seng dan kayu masih dalam tahap permintaan yang dilakukan BPBD dan dinas terkait lainnya.


”Jadi warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat nanti kita akan melakukan koordinasi dengan BPBD dan Perkim. Asalkan ibu, bapak untuk saat ini bersabar,” akunya.


Adapun bantuan logistic yang disalurkan Dinas Sosial Pulau Taliabu sebagai berikut ;  Selimut 34 lembar,  Matras 31 lembar, Makanan siap saji 102 paket, Makanan anak 68 paket, Lauk pauk siap saji 68 paket, Beras 340 KG (10 KG / KK), Sandang dewasa 34 paket, Paket Campuran terdiri dari Gula, kopi, telor, indomie, the : 34 Paket dan 9. Terpal : 20 lembar.  ( Redaksi/Jek)