Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 04 Agustus 2023, 1:15:00 PM WIB
Last Updated 2023-08-04T06:16:43Z
BERITA UMUMNEWS

Forum Masyarakat Gedangan Bersatu (FMGB) Tuntut Transparansi Pengelolaan BUMDes Makmur

Advertisement

Risno selaku ketua Forum Masyarakat Gedangan Bersatu (FMGB

UNGARAN|MATALENSANEWS.com-Forum Masyarakat Gedangan Bersatu (FMGB) Desa Gedangan Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang menggelar demonstrasi di depan kantor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makmur. 


Masyarakat yang menuntut transparansi keuangan dan membawa poster untuk menyuarakan aspirasinya. 


Di antaranya bertuliskan 'BUMDes Makmur Hancur, Usut Tuntas Dana BUMDes, Stop Korupsi di Desa Gedangan, Dana Desa Milik Masyarakat Bukan Kades'. 


Koordinator aksi, Risno menyampaikan, warga menginginkan adanya transparansi dalam pengelolaan BUMDes Makmur.


"BUMDes ini sudah tutup, tapi tiba-tiba ada toko yang beralih pengelolaan ke manajemen lain. Dalam BUMDes, warga itu punya saham, tapi kami tidak pernah diajak rembukan," jelasnya, Jumat (4/8/2023).


Menurutnya, karena ketidakjelasan dalam pengelolaan BUMDes Makmur, ada potensi kerugian hingga Rp 200 juta. "Karena itu kami meminta kejelasan, kenapa kondisi BUMDes seperti ini, apakah pailit, bangkrut, mismanajemen, pengelolaannya selama ini seperti apa," ungkap Risno.


Risno mengungkapkan, BUMDes Makmur terakhir beroperasi saat masa pandemi Covid-19. Saat itu BUMDes ditunjuk untuk distribusi sembako kepada warga terdampak Covid-19. Namun setelah itu, tutup dan tidak ada kejelasan. 


Kasi Pemerintahan Pemdes Gedangan Rohid Hamdani mengatakan akan menindaklajuti aspirasi dari warga yang tergabung dalam FMGB. 


"Sebelum ini sudah dilaksanakan RAT terkait LPJ dari pengelola BUMDes, namun belum bisa diterima karena masih membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut terkait kondisi keuangan dan kepastian lainnya," paparnya.(**)