Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 08 September 2023, 9:57:00 AM WIB
Last Updated 2023-09-08T02:57:29Z
BERITA UMUMNEWS

Bupati Aliong Mus Harus Tekan OPD di Pemda Taliabu Tak Boleh Alergi Wartawan

Advertisement



TALIABU | Matalensanews.com - Dikenal sebagai corong utama informasi pembangunan baik secara nasional maupun lokal. Bupati Taliabu, Aliong Mus melalui Kepala Dinas Kominfo, Basiludin Labesi meminta  seluruh OPD supaya tidak alergi atau no coment terhadap wartawan yang bertugas melakukan peliputan.


Menurutnya, media merupakan salah satu mitra Pemerintah Daerah yang sangat penting. Kehadiran media berfungsi untuk mempublikasikan seluruh kegiatan instansi pemerintah, yakni dari segi pembangunan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.


"Sesuai dengan pernyataan pak bupati, semua OPD harus kooperatif dengan teman-teman wartawan," tutur Basiludin, mengutip pernyataan  Bupati.


Dia bilang, kehadiran media seharusnya disambut baik oleh OPD. Sebab, media merupakan sarana utama dalam menyajikan informasi Pemerintah Daerah kepada publik.


"Tidak semua kehadiran teman-teman wartawan merupakan ancaman bagi rekan-rekan OPD, semuanya tergantung pada komunikasi. Jika, komunikasi berjalan lancar tentunya akan memberikan dampak positif bagi pemerintahan ini," ucapnya.


Menepis persepsi liar yang berkembang di setiap OPD, soal seluruh informasi dan anggaran publikasi dokumentasi di bebankan atau melekat kepada Diskominfo, Basiludin menjelaskan jika pimpinan OPD sudah salah kaprah. 


Menurutnya, Diskominfo bertugas menyebarluaskan informasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yakni informasi kedaerahan secara luas seperti, kegiatan Bupati dan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan kegiatan atas nama Bupati.


Sedangkan kegiatan serta program kerja masing -masing OPD, OPD tersebut yang memiliki otoritas untuk melakukan publikasi, tanpa harus melalui kami di Diskominfo.


"Fungsi kehumasan pada setiap organisasi  ada yang melekat secara organisasi juga melekat pada jabatan pimpinan setiap pimpinan organisasi apa saja," bebernya.


Selain itu, Basiludin mengaku siap membantu rekan-rekan jurnalis membangun komunikasi yang baik dengan OPD di Taliabu.


"Untuk kawan kawan jurnalis jika komunikasi yang coba dibangun oleh teman-teman wartawan pada pimpinan OPD pulau taliabu belum maksimal bisa di komunikasikan lewat kami untuk di jembatani. Prinsipnya saya yakin bahwa teman teman pers juga punya upaya yang sama untuk membangun Pulau Taliabu dari tulisan dan karya jurnalisnya," tutupnya. (Red)