Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 18 September 2023, 5:45:00 PM WIB
Last Updated 2023-09-18T10:45:31Z
NEWSPENDIDIKAN

Disdik Kab.Pulau Taliabu Gelar Kegiatan Pelaksanaan Asesmen Nasional Tingkat SMP

Advertisement


BOBONG|Matalensanews.com- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pulau Taliabu melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Tingkat SMP. 


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu, Citra Puspasari Mus, S.Sos. menyatakan, dari jumlah 39 Sekolah Menengah Pertama ( SMP) yang tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2023, dapat melaksanakan Asesmen Nasional (AN) secara mandiri dan menumpang lagi.


Menurutnya, sejak 2 tahun terakhir, secara bertahap telah berupaya memenuhi sarana dan prasarana (Sarpras) pelaksanaan kegiatan AN baik melalui dana APBD dan DAK Fisik.


"Di Kabupaten Pulau Taliabu siap mengikuti AN tahun 2023, yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 19 September 2023," Ungkapnya.


Dijelaskan, selain persiapan peralatan dan jaringan, tim AN Disdik Kabupaten Pulau Taliabu juga telah melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk pematangan persiapan peserta yaitu dengan melaksanakan Asesmen Nasional tingkat SMP.


"Disdik telah melaksanakan 2 kali dalam Asesmen Nasional tingkat SMP, yakni mulai tanggal 18 sampai 19 September 2023 ,"  ujarnya.


"Kita berharap, pelaksanaan AN tahun 2023 ini lebih baik atau akurat dari tahun sebelumnya. Begitu juga kualitas potret literasi, numerasi dan lingkungan belajar siswa diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya," harapnya.


Citra menyatakan, AN berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu.


AN yang dilaksanakan saat ini, terang dia, bertujuan bukan untuk menguji kelulusan siswa, tapi untuk memperoleh rata-rata potret hasil belajar literasi, numerasi dan lingkungan belajar siswa.


"Potret nilai hasil belajar yang didapatkan dari AN Sekolah Dasar dan SMP, akan kita jadikan patokan atau dasar dalam menyusun rencana kerja sekolah dan rencana kerja Dinas Pendidikan tahun 2024," ungkapnya.


Perlu diketahui bahwa hadir dalam kegiatan tersebut yakni Balai penjaminan mutu pendidikan provinsi, (Rahmat), Anhar ( Sekertaris dinas pendidikan, (Amir Ayat S.pd) Kabid Dikdas, (Armin Umakaapa S.pd) dan (Hariyono) tim teknis asesmen.


 (Jek/Redaksi)