Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 08 September 2023, 10:53:00 PM WIB
Last Updated 2023-09-08T15:53:47Z
BERITA UMUMNEWS

Saat Monitoring, Kadinkes Taliabu Optimis Puskesmas Lede dan Nggele Bisa Naik Status Madya Menjadi Paripurna

Advertisement


TALIABU | Matalensanews.com- Puskesmas Kecamatan Lede dan Puskesmas Kecamatan Taliabu Barat Laut menjadi salah satu jenis fasilitas kesehatan yang memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional. Terutama, sub sistem upaya kesehatan. 


Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerja masing-masing.


Tujuan utama untuk Re-Akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan serta peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program. 


"Serta penerapan manajemen risiko dan demi keselamatan pasien, pegawai serta lingkungan yang ada di sekitar Puskesmas. Hal tersebut diatas disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisiya Marasaoly, S. Ag.,ME bersama Salah satu anggota DPRD komisi I Fraksi partai Golkar, Hj. Nur Ain Mus saat melakukan monitoring. Jum'at ( 8/9/2023).


Dinas kesehatan Taliabu melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Kecamatan Lede dan Puskesmas Kecamatan Taliabu Barat Laut. 


Tiba di Puskesmas Lede, Kadinkes Taliabu bersama Seorang Anggota DPRD komisi I, Hj.Nur Ain langsung melakukan peninjauan ke ruangan pelayanan, rekam medik, serta gudang farmasi.



Ia juga menyampaikan hasil monitoring di puskesmas lede dan Puskesmas Nggele, kecamatan Taliabu Barat laut sudah sangat siap menjelang proses Re-akreditasi Puskesmas nantinya. Kami optimis bahwa kedua puskesmas bisa naik status Madya menjadi Paripurna.


Dimana sebelumnya pada akreditasi tahun 2019, ke dua puskesmas tersebut sudah mencapai status Madya di tahun 2023 ini.


Saya optimis bahwa Puskesmas lede dan Puskesmas Nggele bisa naik status Paripurna,” Ungkap Kuraisiya, saat di temui awak media ini melakukan monitoring di ke dua puskesmas tersebut.


Kadinkes bilang,  persiapan-persiapan yang di lakukan puskesmas Lede dan Puskesmas Nggele sejauh ini sudah sangat siap.


Baik itu dari sisi bangunan sarana prasarana puskesmas, maupun dokumen - dokumen yang harus di persiapkan juga di angka 75% dalam Minggu ini. 


"Agar supaya pada bulan Oktober kami dan tim sudah akan turun melakukan penilaian pada Re-akreditasi Puskesmas tahun ini,” ujarnya.


Tidak hanya itu, Kadinkes bersama Komisi Satu Anggota DPRD juga terlihat membagikan PARCEL berupa sembako ke beberapa warga yang anaknya masuk dalam kategori stunting kekurangan gizi. ( Jek)