Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 23 Desember 2023, 12:04:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-23T05:04:31Z
LENSA POLITIKNEWS

Debat Cawapres 2024: Cak Imin Kritik Proyek IKN, Usulkan Alokasi Anggaran untuk Infrastruktur dan Pendidikan di Kalimantan

Advertisement


Jakarta|MATALENSANEWS.com-Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mempertanyakan ambisi besar Proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang memerlukan anggaran hingga Rp 400-500 triliun, Jumat (22/12/23).


Dalam debat dengan Gibran Rakabuming Raka, Cak Imin menyarankan pengalokasian 1% dari dana tersebut untuk membangun jalan dan mengembangkan kota-kota di Kalimantan serta pendidikan.


Gibran menyinggung ketidak-konsistenan Cak Imin karena sebelumnya ikut meresmikan IKN, sementara Cak Imin menegaskan pentingnya prioritas infrastruktur untuk pengembangan SDM. 


Di sisi lain, Cak Imin juga berdebat dengan Mahfud Md terkait rencananya membangun 40 kota selevel Jakarta dalam 5 tahun ke depan, dengan Mahfud mempertanyakan realisasi dan pembiayaannya.


Cak Imin menjelaskan bahwa pengembangan kota-kota tersebut dapat melibatkan APBN dan swasta untuk memaksimalkan potensi kota-kota yang sudah ada, dengan harapan dapat meningkatkan investasi pengembangan hingga Rp 3-5 triliun dalam setahun.(GT)