Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 01 Desember 2023, 4:08:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-01T09:08:43Z
NEWSPENDIDIKAN

Guru dan Siswa SMK Diberhentikan setelah Aksi Minum Miras Viral di Media Sosial

Advertisement

Gambar : ilustrasi

Jateng|MATALENSANEWS.com-Sebuah video viral merekam sekelompok pelajar dan seorang guru SMK di Grobogan, Jawa Tengah, menenggak minuman keras bersama di sebuah rumah kosong dekat sekolah, Jumat (1/12/23).


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah, Uswatun Hasanah, telah membenarkan insiden tersebut dan telah memberhentikan guru yang terlibat.


Uswatun Hasanah menyebut bahwa setelah pertemuan dengan pihak sekolah dan Cabang Dinas IV, guru tersebut diberhentikan karena melakukan pelanggaran berat. 


Pihaknya juga menggalakkan kegiatan 'no miras' dengan melibatkan berbagai lembaga seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Polres, dan Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Grobogan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.


Dalam pengawalan kasus ini, Disdikbud Jawa Tengah melakukan pendampingan dan pemeriksaan kesehatan terhadap pelajar yang terlibat dalam video viral tersebut.


Upaya ini diharapkan mencegah terulangnya perilaku kenakalan remaja serupa di sekolah tersebut. 


Pihak yayasan juga akan melakukan rapat keputusan dalam 2-3 hari mendatang, dengan kesepakatan bahwa ini merupakan pelanggaran berat dan sekolah siap melakukan kegiatan kolaboratif serta mendapat pendampingan dari DP3AKB terhadap siswa terlibat.(Farid)