Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 12 Desember 2023, 6:17:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-12T11:17:14Z
NEWSSejarah dan Budaya

Mitos dan Penguasa Laut Selatan Jawa: Mengungkap Kisah 4 Sosok Berkuasa di Perairan Keramat

Advertisement


Jogyakarta|MATALENSANEWS.com-Pantai Selatan Jawa, yang dikenal karena keindahannya, turut dihiasi oleh berbagai mitos dan legenda. Salah satu sosok yang mendominasi pembicaraan tentang Laut Selatan adalah Nyi Roro Kidul. 


Namun, dalam kenyataannya, terdapat beberapa penguasa laut lain yang juga dihormati dalam mitologi Jawa.


Dalam buku 'Praktik-praktik Konservasi Lingkungan secara Tradisional di Jawa' karya Purnomo, masyarakat Jawa memandang laut sebagai tempat sakral yang merupakan tempat tinggal makhluk-makhluk halus.


Laut Selatan Jawa diyakini sebagai lautan yang keramat. Pada waktu tertentu, masyarakat menggunakan laut ini untuk melakukan upacara sakral seperti sedekah dengan menenggelamkan kepala kerbau dan menyertakan makanan serta bunga sebagai bagian dari ritual.


Selain Nyi Roro Kidul, terdapat beberapa penguasa Laut Selatan Jawa yang turut dihormati oleh masyarakat:


1. Nyi Roro Kidul: Dikenal sebagai penguasa Laut Selatan yang memiliki kekuatan untuk menjaga kelestarian alam dan melindungi warga setempat. Ritual sering diadakan sebagai tanda penghormatan kepada Ratu Kidul.


2. Dewi Nawangwulan: Berkaitan dengan kisah Jaka Tarub, Nawangwulan menjadi penghuni laut selatan setelah tidak diizinkan kembali ke kahyangan. Dia diangkat menjadi patih lebet dengan nama Nyai Riya Kidul.


3. Ratu Pagedongan: Dalam legenda, Sang Prabu Jayabaya beserta putrinya moksa dan Ratu Pagedongan menjadi Ratu Anginangin, memimpin makhluk halus di Laut Selatan.


4. Nyi Blorong: Diyakini berasal dari telur dan dipercayai akan menyesatkan manusia. Gua Karang Bolong adalah tempat yang dikaitkan dengan Nyi Blorong.


Ini merupakan beberapa penguasa laut yang dihormati di Laut Selatan Jawa yang menjadi bagian dari warisan budaya dan mitologi masyarakat Jawa.(GT)